Brilio.net - Saat suhu udara di China berada di kisaran 40 derajat celcius, banyak orang pergi ke tempat-tempat perbelanjaan untuk sekadar mencari tempat yang sejuk. Namun hal ini tidak berlaku bagi Wang Zeng. Bocaj 12 tahun ini menyusuri tempat sampah demi tempat sampah untuk mencari rongsokan atau sampah yang bisa dijual.

Bukan tanpa alasan Wang Zheng melakukan itu. Ia rela menjadi pemulung untuk memenuhi biaya pengobatan ibu tirinya yang terkena kanker darah atau leukemia.

Wang, seorang siswa kelas 5 di Nanyang, Provinsi Henan, China tinggal bersama ayah dan ibu tirinya setelah sang ibu kandung menikah lagi. Keluarganya mendapat cobaan berupa krisis finansial ketika nenek Wang menderita sakit serius. Untuk pengobatan sang nenek, harta benda keluarga Wang habis terjual.

Ayah Wang kemudian merantau ke kota untuk menutup utang keluarganya. Wang sendiri dirawat oleh sang nenek dan ibu tirinya. Tidak seperti dalam dongeng, ibu tiri Wang merawatnya dengan baik dan penuh kasih sayang.

Namun cobaan untuk keluarga Wang kembali datang ketika ibu tirinya didiagnosa menderita leukemia akut oleh dokter.

Layaknya anak 12 tahun, Wang tidak tahu banyak tentang penyakit yang mungkin akan merenggut nyawa ibu tirinya secara perlahan, atau bahkan biaya pengobatan yang mencapai seratus ribu yuan atau sekitar Rp 197 juta.

"Ibu merawat saya dan kakek dengan baik. Dokter memberi tahu saya kalau ibu tidak segera diobati, ibu bisa meninggal. Saya tidak mau ibu saya meninggal dan saya tidak akan membiarkannya pergi," kata Wang seperti dikutip brilio.net dari Shanghaiist, Jumat (5/8).

Untuk itulah dia rela memungut sampah demi mendapat biaya pengobatan ibu tirinya. Ia juga membawa tulisan yang ia gantung di lehernya yang berbunyi " Tolong bantu saya selamatkan ibu saya dan keluarga saya".

Berikut foto-foto Wang saat memungut sampah dan merawat ibu tirinya. Siapkan tisu karena sangat menyentuh.

1. Nggak malu memungut sampah demi ibu tercinta.



2. Menyusuri jalanan, menghampiri setiap tempat sampah.



3. Membawa barang bekas hasil memungut sampah.



4. Ini kondisi ibu tiri Wang yang lemah.



5. Wang dengan telaten merawat ibu tirinya.



Foto-foto Wang penuh haru ya..KLIK NEXT untuk foto lainnya

2 dari 2 halaman





6. Istirahat sejenak.



7. Membasuh peluh di tengah udara panas di Henan.



8. Wajah antusias Wang menimbang hasil kerjanya.



9. Sedikit demi sedikit, semoga bisa untuk biaya pengobatan ibunya.



10. Wang, kamu anak hebat!