Brilio.net - Kehidupan modern bikin orang maunya serba praktis dan cepat, termasuk perihal gaya hidup. Mulai pola makan, istirahat, bekerja, bergaul, dan sebagainya inginnya serba praktis. Nah, padahal yang serba praktis dan cepat itu cenderung mengandung risiko tersendiri, terkhusus buat kesehatan.

Misalnya nongkrong sama teman-teman, jatuhnya kumpul di kafe atau bar yang menyediakan makanan dan minuman nggak sehat. Belum lagi kalau kumpulnya sampai larut malam, bikin kamu begadang dan kurang tidur, deh. Besok paginya kebawa malas di kampus atau kantor. Akhirnya, kamu jadi jarang olahraga.

Nah, kira-kira apa aja sih, gaya hidup yang nggak sehat tapi selama ini nggak kamu sadari? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (6/6), gaya hidup yang diam-diam menggerogoti kesehatanmu:

1.    Banyak makan gorengan.

CAP PANDA © 2016 brilio.netfoto: blog.evoucher.co.id


Ini merupakan makanan siap saji yang selalu tersedia di pinggir jalan. Dengan harga murah dan mudah didapat membuat gorengan sering menjadi alternatif utama untuk ngemil di pinggir jalan. Kebiasaan ini bisa mengganggu kesehatan, apalagi minyak yang dipakai untuk menggoreng digunakan berkali-kali.

 
2.    Makan di pinggir jalan yang kotor dan berdebu.

CAP PANDA © 2016 brilio.netfoto: liberallifestyles.com

Banyak orang yang nggak memperhatikan tempat makan yang nggak higienis. Padahal, banyak kuman yang siap mengganggu kesehatanmu. Salah satu cara menjaga makanan atau minuman tetap higienis adalah dikemas, baik berupa plastik atau kaleng. Tapi pastikan juga tanggal kedaluarsanya, ya.


3.    Minum minuman beralkohol dan konsumsi produk tembakau.

CAP PANDA © 2016 brilio.netfoto: havanact.ge


Sebaiknya kamu menghindari gaya hidup seperti ini. Selain terbukti merusak kesehatan, juga bisa berdampak pada perilaku yang nggak terkontrol. Mending konsumsi Cap Panda  yang sehat buat tubuh karena kini Cap Panda hadir dalam dua varian rasa baru, yaitu Cap Panda Cincau dan Cap Panda Aloe Vera .  Keduanya berisi potongan cincau dan lidah buaya asli, lho.

Nggak cuma enak dan sehat, Cap Panda ngajakin kamu keliling Asia, lho. Caranya? Kamu bisa ikutan tantangan Hitam vs Hijau .


4.    Makan makanan pedas.

CAP PANDA © 2016 brilio.net

foto: giphy.com


Nggak sedikit orang yang menyukai makanan-makanan super pedas. Jika hal ini terlalu sering dilakukan akan membuat perut mual dan melahirkan banyak penyakit lain seperti maag akut, refluks asam, sakit kepala, dan lainnya.


5.    Memilih minuman bersoda tinggi saat haus

CAP PANDA © 2016 brilio.net

foto: coredental.com.au


Minuman bersoda bukan pilihan baik untuk kamu yang sedang haus. Pilihlah minuman yang mengandung serat tinggi, kaya mineral mengandung kalsium dan rendah kalori. Kamu juga perlu pilih minuman yang antiradang.


6.    Nggak sarapan pagi.

CAP PANDA © 2016 brilio.netfoto: unieqz.blogspot.co.id


Sarapan nggak hanya membantu aktivitas prima sepanjang hari, namun juga menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit maag yang bisa melahirkan penyakit-penyakit lainnya. Jadi bagi kamu yang mau berangkat sekolah, kuliah atau kerja, jangan lupa sarapan walaupun sedikit.


7.    Sering begadang sampai pagi

 

CAP PANDA © 2016 brilio.netfoto: broadbandchoices.co.uk


Tubuh itu perlu istirahat. Jadi jangan paksa untuk begadang, apalagi terus menerus dan menjadi gaya hidup. Angin malam juga nggak ramah bagi tubuh.


8.    Makan dalam kondisi panas.

CAP PANDA © 2016 brilio.net

foto: womansday.com


Makan makanan panas dapat menggangu pencernaan, sehingga perlu kamu hindari. Menunggu sebentar agar makanan berada dalam suhu normal tentunya nggak membuat kamu lapar kan.


9.    Kebanyakan duduk dan lupa bergerak.

CAP PANDA © 2016 brilio.net

foto: giphy.com


Kerja lupa waktu kadang sering merupakan banyak hal. Nggak hanya lupa makan minum, namun juga sering menahan buang air kecil dan besar. Tapi juga membuat kamu lupa bergerak dan kebanyakan duduk. Gaya hidup seperti ini jelas berbahaya.


10.    Membekali anak dengan uang jajan yang banyak.

CAP PANDA © 2016 brilio.netfoto: merdeka.com
 

Anak-anak umumnya nggak bisa membedakan mana makanan sehat dan nggak. Mereka hanya ingin membeli makanan, padahal di sekitar mereka banyak makanan yang berbahaya jika dikonsumsi terus menerus.


11.    Lebih memilih makanan lezat dibanding makanan sehat.

CAP PANDA © 2016 brilio.netfoto: borongaja.com

 
Mencari makanan lezat dan minuman nikmat adalah insting semua orang. Namun jika makanan itu mengandung lemak dan kalori terlalu tinggi, maka nantinya kamu harus membayar sangat mahal atas kebiasaan ini, lantaran kesehatan tubuhmu terganggu.


12.    Kebanyakan makan makanan cepat saji dan instan.

CAP PANDA © 2016 brilio.net

foto: giphy.com


Makanan cepat saji biasanya banyak mengandung pengawet dan gizinya pun jauh lebih sedikit. Maka perlu berpikir lagi jika ingin menjadikan makanan ini sebagai makanan harian kamu.


13.    Menahan kencing.

CAP PANDA © 2016 brilio.net

foto: giphy.com


Ini kebiasaan yang pasti melahirkan penyakit ginjal. Air kotor dari kencing yang seharusnya lekas dibuang, tertahan dan membuat ginjal bekerja lebih ekstra.


14.    Jarang berolahraga.

CAP PANDA © 2016 brilio.netfoto: id-kabarnasional.blogspot.com


Olahraga nggak hanya membuat tubuh lebih segar, namun juga menjadi penyeimbang dari berbagai kegiatan lain yang cenderung kurang menyehatkan. Makanya, ayo olahraga!


15.    Terlalu lama menahan lapar dan haus.

CAP PANDA © 2016 brilio.net

foto: giphy.com

Terlalu lama menahan untuk nggak minum akan membuat pencernaan nggak baik. Untuk itu kamu harus selalu menyediakan air putih dan minuman menyehatkan jika akan mengadakan perjalanan jauh atau bekerja dalam waktu lama.