Brilio.net - Gempa bumi berkekuatan 7,4 skala richter yang berpusat di Banten turut dirasakan hingga beberapa wilayah seperti Jakarta, Lampung hingga Yogyakarta. Gempa tersebut terjadi pada titik 147 kilometer Barat Daya Sumur, Banten. Sementara itu titik gempa ada di 7.54 LS dan 104.58.

Gunjangan gempa yang cukup kuat sempat membuat warga berhamburan keluar dari rumah dan gedung pencakar langit, terutama warga Jakarta yang sedang berada di dalam mal dan kantor. Situasi kepanikan warga yang berlarian dari dalam gedung pun terekam jelas di berbagai linimasa media sosial.

Gempa tersebut juga membuat para pekerja di Menara Mandiri di Sudirman, Jakarta Selatan yang membuat panik lantaran guncangan yang kencang dan berlangsung lama. "Gempanya lama dan kenceng, jadinya panik banget," kata salah satu karyawan di sana kepada brilio.net, Jumat (2/8).

Tak hanya di Menara Mandiri Sudirman, kepanikan juga terjadi di beberapa lokasi di Jakarta dan sekitarnya. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (2/8), berikut lima situasi kepanikan warga akibat gempa 7,4 yang mengguncang gempa.

1. Begini situasi di depan gedung Menara Mandiri di Sudirman saat gempa terjadi. Para pegawai pun diimbau untuk tidak masuk kembali.

Loading...

situasi panik gempa banten  © 2019 brilio.net

foto: Twitter/@AdityoSH

2. Para pengunjung yang berada di dalam Mall Cipinang Indah juga langsung berhamburan keluar.

3. Kepanikan yang sama juga terjadi pada Terminal 3 bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

4. Setelah gempa terjadi, para calon penumpang masih menunggu di luar rest area di Pelabuhan Bakauheni.

5. Situasi di salah satu kantor di Banten yang dipenuhi banyak orang lantaran panik karena gempa.