×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
15 Penulis Indonesia terpilih tampil di UWRF 2017, selamat ya!

View Image

0

BRILIO » Serius

15 Penulis Indonesia terpilih tampil di UWRF 2017, selamat ya!

Ada 6 penulis dari Indonesia Timur.

11 / 07 / 2017

Brilio.net - Ubud Writers & Readers Festival (UWRF) 2017 akan digelar pada 25-29 Oktober mendatang. Sebanyak 15 penulis dari berbagai penjuru Nusantara terpilih untuk tampil dalam perhelatan sastra dan seni internasional terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Dalam proses seleksi ada 913 nama yang mengirim karya yang kemudian diseleksi dengan cukup ketat. "Kemudian dipilih karya-karya yang paling menarik untuk dimasukkan dalam daftar panjang," kata Manager program nasional UWRF I Wayan Juniarta, di Ubud, Gianyar, sebagaimana dikutip brilio.net dari Antara.

Daftar panjang tersebut, ujar Juniarta, lalu diserahkan kepada tim kurasi yang beranggotakan tiga penulis, jurnalis, dan penyair kawakan Indonesia yakni Seno Gumira Ajidarma, Leila S Chudori dan Warih Wisatsana.

Berdasarkan hasil rapat kuratorial yang diadakan di kantor Yayasan Mudra Swari Saraswati di Ubud Gianyar, pada Jumat (7/7), terpilih 15 nama penulis yang dikategorikan sebagai penulis emerging yang akan bergabung pada UWRF 2017.

"Emerging adalah istilah yang digunakan oleh UWRF untuk para penulis Indonesia yang memiliki karya berkualitas namun belum memperoleh publikasi yang memadai," ucap Juniarta.

Loading...

Adapun 15 penulis emerging yang terpilih adalah:

1. Abdul Azis Rasjid dari Banyumas

2. Ade Ubaidil dari Cilegon

3. A Nabil Wibisana dari Kupang

4. Aksan Taqwin Embe dari Tangerang

5. Bayu Pratama dari Mataram

6. Erich Langobelen dari Maumere

7. Ibe S Palogai dari Makassar

8. Mohammad Isa Gautama dari Padang

9. Morika Tetelapta dari Ambon

10. M Subhan dari Padang

11. Naimatur Rofiqoh dari Ponorogo

12. Rahmat Hidayat Mustamin dari Makassar

13. Rizki Amir dari Sidoarjo

14. Taufiqurrahman dari Yogyakarta

15. Seruni Unie dari Surakarta

Para penulis emerging terpilih datang dari berbagai macam latar belakang, mulai dari mahasiswa dan guru, jurnalis, buruh mebel, dan juga nelayan. Yang menarik pada seleksi tahun ini juga ada sejumlah penulis terpilih yang berasal dari Indonesia Timur, yaitu enam penulis.

Seno Gumira Ajidarma, salah satu penulis dan jurnalis kawakan Indonesia itu mengatakan bahwa banyak karya yang masuk submisi adalah penulisan metasastra, mengambil tema-tema yang mempersoalkan sastra dan bahasa.

"Ini sangat menarik karena berarti penulis-penulis muda Indonesia mulai banyak mengulik persepsi kecendekiaan," ujarnya.

Keberagaman asal penulis menghasilkan karya-karya yang menarik juga dibenarkan oleh penulis dan penyair Warih Wisatsana.

"Karya-karya yang lolos mengambil tema dari kehidupan sehari-hari dan begitulah karya sastra yang sesungguhnya. Tentunya sangat menarik membaca karya mengenai kehidupan di daerah yang cukup terpencil," ucap Warih.

Kantong lagi kering tapi pengen nonton JICOMFEST???

Daripada mencibir itu dosa, mending sobri ikut games MENCABIR alias Mencari Bibir. yang beruntung akan mendapat tiket JICOMFEST gratis !

ikut kuis!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    67%

  • Ngakak!

    33%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more