Brilio.net - Siapa yang ingin hidupnya berakhir hanya dengan gigitan serangga? Tentu nggak ada yang mau dong ya. Nggak kebayang kalau makhluk yang lebih kecil dari kamu ini bisa mengambil nyawa seseorang hanya dalam hitungan menit. Tapi nggak ada yang mustahil di planet bumi ini, guys. Tak usah serangga, paku kecil saja bisa jadi mengambil hidup kamu. Semuanya mungkin saja terjadi, termasuk kemungkinan meninggal dunia akibat gigitan serangga.

Coba saja deh lihat serangga yang sudah brilio.net rangkum dari Wittyfeed, Kamis (21/4). Siapa tahu kamu pernah melihatnya dan bisa lebih berhati-hati di waktu mendatang.

1. Lalat bot (bot fly)

gigitan serangga © 2016 brilio.net

Botfly adalah lalat yang paling sering bersarang dan menghabiskan hidupnya sebagai larva di tubuh manusia. Larva hidup akan bersarang di kulit manusia sampai mereka mencapai tahap dewasa. Kulit yang terinfeksi akan terus membesar hingga seukuran telur angsa, sebelum akhirnya larva dewasa ke luar dari kulit. Larva ini sebagian besar memakan daging manusia dan membuatnya lebih rentan terhadap infeksi yang mematikan.

Loading...

2. Tawon

gigitan serangga © 2016 brilio.net

Tawon melepaskan zat kimia yang disebut asetilkolin dari sengatnya sehingga menyebabkan nyeri akut dan juga menghasilkan enzim yang melarutkan jaringan tubuh manusia. Sengatan tawon sendiri walaupun menimbulkan rasa sakit biasanya tak berbahaya bagi manusia. Namun beberapa orang yang memiliki alergi pada racun tawon, sengatannya bisa berakibat fatal.

3. Lalat Tsetse

gigitan serangga © 2016 brilio.net

Serangga yang menyebarkan penyakit tidur atau Trypanosomiasis di kawasan Afrika ini telah mengambil nyawa manusia lebih dari 250.000 jiwa dalam setahun. Sebutan 'penyakit tidur' diberikan karena ketika penyakit ini memasuki tahap lanjut, orang yang terjangkit menjadi lemas dan mudah tertidur hingga akhirnya meninggal dunia. Tak hanya mengancam nyawa manusia, Trypanosomiasis juga bisa menyerang hewan ternak.

4. Kissing Bug

gigitan serangga © 2016 brilio.net

Serangga yang disebut kissing bug (Triatoma) menjadi sumber penyakit kulit seperti luka atau bercak merah. Serangga ini menyerang manusia pada malam hari saat mereka sedang nyenyak tidur. Meski sengatan atau gigitannya tidak menimbulkan suatu gejala tertentu, namun ada variasi dari kerusakan kulit yang ditimbulkan, bahkan dapat menyebabkan kematian akibat gagal jantung kronis dan kelainan usus.

Ternyata mengerikan ya? KLIK NEXT untuk melihat selanjutnya.