Brilio.net - Ruben Onsu memiliki banyak bisnis dari kuliner, snack, sampai media. Artis yang satu ini memang memiliki jiwa wirausaha yang patut jadi inspirasi. Pembawa acara Brownis ini memulai bisnisnya dari nol. Di bawah PT Onsu Pangan Perkasa (OPP), kini bisnisnya mulai menggurita ke berbagai lini.

Penuh tantangan, tak semua bisnis Ruben Onsu bisa berjalan lancar. Terbaru, artis ini dihempas kabar miring soal pesugihan di bisnisnya. Kabar ini datang dari akun YouTube Hikmah Kehidupan. Akun tersebut menunjuk banyak indikasi restoran pria kelahiran Jakarta ini memakai penglaris atau pesugihan.  

Kasus ini sendiri masih ditangani pihak berwajb. Walaupun sudah ada klarifikasi dari YouTuber Hikmah Kehidupan, proses hukum masih berlanjut hingga sekarang.

Seperti apa tantangan dan kisah Ruben Onsu selama membangun bisnis dari nol? Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Minggu (17/11), berikut kisah jatuh bangun Ruben Onsu mengembangkan bisnisnya.

1. Imbas isu pesugihan, banyak karyawan menggundurkan diri.

Loading...

ruben onsu 4 kisah jatuh bangun istimewa

foto: Kapanlagi.com

Isu pesugihan akhirnya memakan korban. Banyak karyawan Ruben Onsu yang tidak nyaman bekerja lagi dengannya.

"Ada, ada lah. Jadi ada beberapa yang kuping tipis juga karyawan. Ada 7-8 orang karyawan beranggapan bahwa mereka dijadikan tumbal sama Ruben. Jadi ya, gimana ya? Ya nggak apa-apalah," jawab Ruben seperti dilansir dari Kapanlagi.

"Memang sudah jalannya saya harus melewati ini dulu. Kalau dibilang capek, saya capek. Ngelewatinnya gini-gini saja. Cuma karena ini sesuatu yang bentuk akunnya nyata, jadi saya berhak untuk melaporkan," katanya.

2. Gerai ayam geprek di Jakarta mengalami kebakaran.

ruben onsu 4 kisah jatuh bangun istimewa

foto: Kapanlagi.com

Pada Juli 2019 lalu, gerai ayam geprek milik Ruben Onsu di Fatmawati, Jakarta mengalami kebakaran. Api berasal dari kebocoran gas dan akhirnya merembet ke tempat lain. Kerugian materil yang besar akhirnya ditanggung oleh Ruben. Salah satu karyawannya juga harus dilarikan ke puskesmas terdekat.

"Untuk korban jumlah 1 orang, perempuan, usia 20 tahun. Terus keadaan umumnya baik, cuma trauma psikis. Luka tidak ada," ujar petugas puskesmas bernama Nandha Gustian Pratama.

Pelan tapi pasti, Ruben Onsu mulai memperbaiki citra Ayam Gepreknya. Walaupun merugi hingga ratusan juta, brand ayam gepreknya tetap ada di kota-kota besar seluruh Indonesia.

3. Kesurupan massal melanda karyawan.

ruben onsu 4 kisah jatuh bangun istimewa

foto: Kapanlagi.com

Banyak kejadian mistis yang melanda gerai ayam geprek Ruben Onsu. Salah satu yang paling viral adalah karyawan yang kesurupan saat bekerja pada Juli 2019 lalu.

"Saya adalah orang pertama paling sedih, saya berusaha menghidupi mereka. Sebenarnya banyak kejadian (mistis) di tempat (store) lainnya," ujar Ruben Onsu.

Walaupun diterpa kejadian mistis, pemain film 'Anda Puas, Saya Loyo' ini tetap berusaha yang terbaik.

"Saya nggak bisa melakukan apapun, karena semua hal sudah saya lakukan. Mungkin saya harus lebih kencang lagi berdoanya sama Tuhan," pungkasnya.

4. Karyawan melakukan pemukulan terhadap pengemudi ojek online.

ruben onsu 4 kisah jatuh bangun istimewa

foto: Kapanlagi.com

Kelakuan karyawan juga sempat membuat pusing Ruben Onsu. Kejadian yang terjadi pada Agustus 2019 lalu ini terjadi di Lampung. Dalam sebuah video viral, ada seorang karyawan yang ricuh dan memukul seorang pengemudi online. Diduga kuat, pemicunya adalah kesalahpahaman.

Ruben Onsu tentu saja langsung mengeluarkan permintaan maaf di akun Instagramnya.

"Sebelumnya saya memohon maaf yang sebesar-besarnya nya dan sangat amat menyesalkan kejadian ini terjadi, pulang Live KDI tadi malam saya sudah tidak buka instagram lagi dan saya baru tahu pagi ini. Terkait dengan peristiwa pegawai Geprek Bensu Lampung yang melakukan pemukulan pada tukang ojek bersama ini kami ingin melakukan klarifikasi," ujar pemain sinetron 'Gara Gara Duyung' ini.