Brilio.net - Rumah yang nyaman merupakan idaman setiap orang. Namun, terkadang kelembapan yang tinggi di dalam rumah dapat membuat suasana menjadi tidak nyaman.

Dinding rumah yang mengelupas, lembap hingga berjamur tentunya membuat kamu dan keluarga menjadi risih. Apalagi dinding rumah yang berjamur dan lembap ini identik dengan kebersihan yang tidak terjaga. Tidak heran jika nantinya hal ini menimbulkan berbagai masalah untuk penghuninya.

Mungkin sebagian orang berpikir bahwa dengan mengecat ulang dinding bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah dinding lembap. Namun, perlu dicatat bahwa mengecat ulang dinding tidak selalu merupakan solusi yang paling efektif. Kamu juga perlu mempertimbangkan penyebab kelembapannya, jenis cat yang digunakan hingga besaran biaya yang dibutuhkan untuk mengecat seluruh dinding yang lembap.

Namun, jangan khawatir jika kamu punya permasalahan seperti yang disebutkan tadi, kamu mungkin perlu nonton video ini terlebih dahulu sebagai contoh. Kamu akan melihat bagaimana sebuah dinding di ruangan tersebut lembap hingga catnya mengelupas.

Melalui akun TikTok @darafitria90, sebuah video memperlihatkan kondisi tembok yang berjamur dan banyak rembesan air. Sang pemilik akun mengatakan bahwa setiap tahunnya selalu mengganti cat dengan jenis yang berbeda-beda.

tips atasi tembok lembap dan berjamur © TikTok

foto: TikTok/@darafitria90

Sang pemilik akun mulai mengelupas seluruh cat yang masih menempel di dinding. Setelah itu barulah proses diaci ulang. 

tips atasi tembok lembap dan berjamur © TikTok

foto: TikTok/@darafitria90

Proses acian adalah proses pekerjaan dinding yang bertujuan untuk menutupi semua pori-pori yang ada di tembok. Material yang digunakan biasanya hanya menggunakan campuran semen dan air saja.