Brilio.net - Bagi kamu yang sedang duduk di kelas 11 tepatnya pada semester 1, pasti mendapatkan mata pelajaran Sejarah Indonesia. Mata pelajaran Sejarah Indonesia adalah mata pelajaran sejarah yang ruang lingkupnya membahas mengenai sejarah Indonesia dari masa pra-akasara hingga sejarah reformasi di Indonesia.

Sejarah Indonesia disebut juga kajian mengenai berbagai peristiwa yang terkait dengan asal-usul dan perkembangan serta peranan masyarakat dan bangsa Indonesia pada masa lampau untuk menjadi pelajaran dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa (Isjoni, 2007: 71). Ataupun dimaknai sebagai kajian tentang kemegahan/keunggulan dan nilai-nilai kejuangan bangsa Indonesia untuk ditransformasikan kepada generasi muda sehingga melahirkan generasi bangsa yang unggul dengan penuh kearifan.

Dengan mempelajari Sejarah Indonesia, kamu mampu mengembangkan kompetensi untuk berpikir secara kronologis dan memiliki pengetahuan tentang masa lampau apa saja yang sudah terjadi. Selain itu kamu dapat memahami serta menjelaskan proses perkembangan masyarakat dan keragaman sosial budaya Indonesia dalam rangka menemukan jati diri bangsa di tengah-tengah kehidupan masyarakat dunia.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang contoh soal Sejarah Indonesia kelas 11 semester 1, berikut ulasannya dirangkum brilio.net dari berbagai macam sumber, Selasa (27/9).

Contoh soal Sejarah Indonesia kelas 11 semester 1 dan pembahasan © 2022 brilio.net

foto : pixabay.com

 

 Magang: Annisa Dheaning Triprasiwi