Brilio.net - Sangat wajar bagi anak kos untuk mengajukan keluhan atau permasalahan kepada pemilik kos. Termasuk ketika ada masalah dengan fasilitas seperti lampu yang mati. Sebagai pengelola, pemilik kos bertanggung jawab untuk memastikan bahwa lingkungan tempat tinggal anak kosnya aman, nyaman dan berfungsi dengan baik.

Hal itulah yang dilakukan oleh anak kos satu ini. Dia menyampaikan ada salah satu fasilitas kos yang sedang rusak. Alih-alih ditanggapi "akan segera diperbaiki" anak kos ini justru merasa seperti sedang menghadapi dosen yang sedang menjelaskan materi kuliah.

Kisah ini dibagikan lewat unggahan akun TikTok @delpodiplo. Pada unggahan itu seorang pria bernama Alvin tersebut menyampaikan bahwa lampu di depan kamar mandi sudah mati. Maksud dan tujuan penyampaian itu adalah agar segera diperbaiki. Tentu bahaya dan sangat tidak nyaman jika di depan kamar mandi tampak gelap.

bapak kos lulusan teknik elektro © TikTok

bapak kos lulusan teknik elektro
TikTok/@delpodiplo

Sebagai bentuk untuk meyakinkan, Alvin juga mengirimkan sebuah foto. Memang tampak bagian tersebut sangat gelap. Keluhan ini dia sampaikan lewat grup WhatsApp (WA) khusus penghuni kos.

Namun, perkara kecil ini malah dapat balasan yang tak terduga. Ternyata, bapak kos tersebut merupakan seorang lulusan teknik elektro. Alih-alih langsung diperbaiki, Alvin dan kawan-kawan malah dikasih penjelasan.

Dengan kemampuan dan pemahaman teknik elektronya, bapak kos menjelaskan lewat grup WA tersebut. Namun, penjelasannya memang tampak kompleks. Sehingga, anak kosnya justru merasa sedang mendengar kuliah sebanyak 2 SKS.

bapak kos lulusan teknik elektro © TikTok

bapak kos lulusan teknik elektro
TikTok/@delpodiplo

"Wiring lampu gampangnya seperti ini mas. Normalnya pakai timer. Sore nyala, pagi mati. Tapi paralel dengan timer itu ada saklar (lantai 1 dan 2). Setingannya NO (Normally Open). Jadi kalau saklar dinyalakan, lampu akan menyala terus," tulis bapak tersebut di chat.