Brilio.net - Orang yang hidup di desa selalu memiliki cerita menyenangkan untuk dikenang sepanjang hayat. Kamu yang pernah tinggal di desa tahu betul suka dan sukanya, terutama laki-laki. Zaman dahulu, saat semua serba terbatas, anak laki-laki di desa dituntut untuk bisa melakukan keterampilan yang dinilai wajib dikuasainya. Kalau nggak bisa atau takut, bisa dipastikan kamu akan diolok-olok temanmu karena dianggap nggak tangkas.

Nah, 10 cara unik mengukur ketangkasan anak laki-laki di desa zaman dulu yang harus dikuasai, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (15/3):

1. Pandai memanjat pohon

Laki Desa © 2016 brilio.net

foto: madanionline.org

Loading...

Anak laki-laki harus bisa memanjat pohon, entah itu pohon dengan banyak cabang seperti mangga dan jambu, ataupun pohon kelapa. Senakin tinggi memanjat, kamu dinilai semakin tangkas.

2. Bisa lari kencang di pematang sawah

Laki Desa © 2016 brilio.net

foto: matasasan.blogspot.com

Ini juga salah satu tes ketangkasan yang wajib dikuasasi anak laki-laki di desa. Biasanya kamu melakukannya dengan balapan melawan temanmu. Jika kamu menang bakal disegani.

3. Berani terjun dari ketinggian ke sungai

Laki Desa © 2016 brilio.net

foto: Merdeka.com

Anak desa yang suka mandi di kali wajib berani terjun dari jembatan atau pohon yang condong ke sungai.

4. Bisa menyalakan api ke kayu bakar

Laki Desa © 2016 brilio.net

foto: zh.wikihow.com

Menyalakan api ke kayu bakar tanpa bantuan minyak tanah atau bensin bukan hal yang mudah. Harus sabar dan telaten benar melakukan hal ini. Selamat bagi yang bisa melakukannya!

5. Bisa lari kencang di sawah yang habis di bajak

Laki Desa © 2016 brilio.net

foto: Youtube.com

Sawah yang habis di bajak dengan traktor biasanya berwujud lumpur. Lomba lari di atas lumpur itu juga ujian ketangkasan lho di zaman dulu.

6. Melempar buat tepat pada sasaran

Laki Desa © 2016 brilio.net

foto: Klinik Fotografi Kompas

Anak kecil zaman dulu isengnya bukan main. Lihat buah mangga atau jambu yang bergantungan di pohon, hukumnya 'wajib' untuk di sambit. Hanya lemparan anak tangkas yang bisa mengenai buah incarannya.

7. Bisa pegang belut tanpa alat bantu

Laki Desa © 2016 brilio.net

foto: kompasiana.com

Pegang belut tanpa bantuan apapun selain tangan itu sama sekali nggak mudah karena tubuhnya berlendir. Sayangnya, kamu wajib bisa melakukan hal itu kalau nggak mau dibully teman-temanmu.

8. Yang paling hebat adalah yang lemparannya paling jauh

Laki Desa © 2016 brilio.net

foto: Merdeka.com

Pulang sekolah melihat hamparan sawah yang luas, apa yang kamu pikirkan? Ambil batu dan lomba jauh-jauhan melempar batu dengan teman-temanmu.

9. Nggak takut ketika melewati tempat 'angker'

Laki Desa © 2016 brilio.net

foto: ramadhaniricky.blogspot.com

Zaman dulu di desa banyak sekali tempat yang dianggap angker. Jika kamu  takut lewat tempat yang dianggap angker itu maka bakal diejek temanmu.

10. Bisa berbagai macam gaya renang

Laki Desa © 2016 brilio.net

foto: merdeka.com

Mandi di sungai adalah kegiatan wajib anak laki-laki di desa. Jika nggak bisa berenang siap-siap dikerjain dan kamu harus menguasai berbagai gaya renang biar disegani temanmu.

Nah, kamu pernah mengalami yang mana saja, Guys?