Brilio.net - Buat kamu generasi 90-an, tentu pernah nggak asing dengan film laga Indonesia yang pernah berjaya. Sebut saja film Si Buta dari Goa Hantu, Jaka Sembung, Gundala Putra Petis, Jaka Tingkir, hingga Panji Tengkorak vs Jaka Umbaran. Akting aktor laga tersebut tak kalah keren dengan aktor laga luar negeri, tak heran jika mereka menjadi idola.  

BACA JUGA: Jajanan jadul yang bikin kamu kangen masa kecil

Nah, untuk bernostalgia dengan para aktor laga tersebut,  berikut ini brilio.net kumpulkan aktor-aktor laga yang pernah berjaya di masanya, dari berbagai sumber, Senin (14/3), khusus buat kamu. Check this out!

1. Barry Prima

foto: 7twist.com

Aktor yang pernah menikah dengan aktris Eva Arnaz ini dulunya sukses membintangi film Jaka Sembung, Pasukan Berani Matui, Golok Setan, hingga Mandala dari Sungai Ular.

2. Advent Bangun

foto: layar-tancep.com

Selain pernah menjuarai juara nasional karate pada tahun 1971, Advent Bangun juga sukses membintangi film-film layar lebar seperti Si Buta dari Gua Hantu, Siluman Kera, hingga Si Pahit Lidah, dan Si Mata Empat.

3. George Rudy

foto: kapanlagi.com

George Rudy sukses dengan film-film Balada Dua Jagoan, Lebak Membara, Ken Arok - Ken Dedes, badai jalanan, hingga Titisan Si Pitung.

4. Ratno Timoer

foto: 7twist.com

Bernama asli Ahmad Suratno, Ratno Timoer sukses membintangi film-film laga pada tahun 1970-an. Sebut saja Sunan Kalijaga dan Syech Siti Jenar, serta Pahlawan Goa Selarong.

5. Teddy Purba

foto: news.olshops.org

Teddy Purba sempat ngetop dengan film Gundala Putra Petir, Jaka Tingkir, Panji Tengkorak vs Jaka Umbaran.

6. Ken-ken

foto: youtube.com

Ingat Ken-ken kamu pasti ingat dengan aksi pendekar gendeng Wiro Sableng. Wiro Sableng adalah pendekar rekaan penulis Bastian Tito. Kabarnya, film teranyar Wiro Sableng akan segera diputar dalam waktu dekat.


7. Benny G. Rahardja

foto: youtube.com

Kamu familier Tutur Tinular? Tentunya kamu tahu Benny G. Rahardja. Aktor laga yang satu ini juga membintangi Lara Jonggrang dan Ajian Pamungkas.

SUDAH KETEMU AKTOR LAGA IDOLAMU? KLIK NEXT UNTUK NOSTALGIA DENGAN MEREKA

2 dari 2 halaman


8. Fendy Pradana

foto: merdeka.com

Fendy Pradana pernah sukses membintangi Saur Sepuh, dan diikuti Misteri Gunung Merapi serta Pusaka Penyebar Maut.

9. Anto Wijaya

foto: blog.imamsaifulbahri.com

Anto Wijaya terkenal lewat lakonnya menjadi Brama Kumbara di film Singgasana Brama Kumbara. Kemudian, ia juga dipercaya memerankan tokoh Arya Kamandanu di film Tutur Tinular, serta memerankan Sembara di film Misteri Gunung Merapi.

10. Lamting

foto: sportiplus.com

Aktor yang satu ini adalah atlet taekwondo kebanggaan Indonesia. Ia juga membintangi film Saur Sepuh II (Pesanggrahan Keramat), serta film Tutur Tinular.

11. Willy Dozan

foto: kapanlagi.com

Semakin menuju ke tahun 1990-an, tentunya kamu kenal dengan salah satu aktor laga yang ini. Willy Dozan sukses berlaga di film Deru Debu, Pendekar Liar, Pernikahan Berdarah, serta Rio Sang Juara.

12. Elly Ermawati

foto: kapanlagi.com

Elly Ermawati adalah salah satu pemeran laga wanita yang cukup terkenal dimasanya. Elly di lain pihak semula dikenal sebagai pengisi suara tokoh Mantili di sandiwara radio era 1980-an, Saur Sepuh.

13. Dede Yusuf

foto: intelijen.co.id

Dede Yusuf melambung namanya lewat lakonnya sebagai sahabat Onky Alexander di film Catatan Si Boy. Meski begitu, atlet taekwondo ini juga sukses di film Jalan Membara dan Jalan Makin Membara, Perwira dan Ksatria, Badai Laut Selatan, serta Reinkarnasi.