Brilio.net - Hompimpa merupakan permainan yang cukup familiar di berbagai kalangan. Permainan yang umumnya dimainkan oleh anak-anak ini bertujuan untuk menentukan pilihan atau giliran dalam berbagai permainan.

Kamu pasti sudah tahu bagaimana cara memainkannya bukan? Yap, para pemain akan mengucapkan "hompimpa alaium gambreng" sambil menggoyangkan tangan mereka, dan pada akhir kalimat, mereka akan menunjukkan telapak tangan atau punggung tangan. Pemain yang menunjukkan sisi yang berbeda dari mayoritas akan keluar atau mendapatkan giliran tertentu, tergantung pada aturan yang disepakati sebelumnya.

Fakta menarik dari permainan adalah hompimpa bukan sekadar permainan, namun menjadi bagian dari kekayaan budaya yang mengandung nilai-nilai lokal. Buktinya, dalam budaya Jawa, permainan ini dilakukan dengan menyebut "hompimpa alaium gambreng", sedangkan dalam budaya Betawi, terdapat tambahan kalimat, yaitu "Mpok Ipah pakai baju rombeng".

Permainan ini juga mengajarkan anak-anak tentang kebersamaan, kejujuran, dan kesederhanaan dalam bersenang-senang.

Ternyata, ide bermain hompimpa tidak hanya berkutat di situ-situ saja. Kini orang mulai kreatif mengembangkan permainan agar terkesan seru dan menyenangkan. Seperti yang dilakukan sekelompok pemuda ini. Mereka dengan asiknya bermain hompimpa, namun bukan untuk melakukan permainan petak umpet atau lainnya, melain ide baru yang tidak terpikirkan.

Aksi ini dibagikan lewat akun TikTok @dapapd. Dalam unggahan itu sekelompok pemuda berkumpul di suatu tempat. Di dekat mereka terlihat beberapa jenis makanan dan minuman.

Momen kocak pria main game TikTok/@dapapd

Momen kocak pria main game
TikTok/@dapapd

"Hompimpa alaium gambreng," ujar mereka serempak sambil mengayunkan telapak tangannya.

Setelah salah satu dari mereka keluar sebagai pemenang, maka dia berkesempatan menikmati jajanan yang sudah disediakan. Sementara yang lain berlari menjauh dari tempat permainan.