×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Manfaat tersembunyi pisang yang harus kamu tahu

View Image

0

BRILIO » News

Manfaat tersembunyi pisang yang harus kamu tahu

Pisang ternyata punya manfaat, tak hanya pisang dan daunnya saja.

25 / 09 / 2015

Brilio.net - Siapa tak kenal buah pisang? Masyarakat Indonesia pasti tak asing lagi dengan buah berwarna kuning ini. Tak hanya dimakan langsung,  pisang juga sering diolah menjadi berbagai makanan seperti kolak, pisang goreng, keripik, dan lain sebagainya.

Kebanyakan orang memanfaatkan buah pisang dan daun pisang dalam kehidupan sehari-hari. Sementara pelepah pisang hingga kulit buah pisang biasanya hanya dibuang begitu saja. Padalah, selain buah dan daun pisang, banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari bagian-bagian pisang.

Nah, berikut beberapa manfaat bagian dari pisang yang brilio.net rangkum, Jumat (25/9):

1. Jadi obat diabetes

Manfaat tersembunyi pisang yang harus kamu tahuManfaat kulit pisang. Kandungan kulit pisang kepok turunkan kadar diabetes.

Loading...

Lima mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yakni Febryan Yovi Saputra, Fityah Ufi Atiyah, Yunita Dwi Setyawati, Zahratul Khalifah dan Annisa Fitriani mencoba meneliti kandungan kulit pisang kepok.

Kulit pisang kepok ternyata mengandung sejumlah senyawa aktif, yaitu pektin (10-21%), lignin (6-12%), selulosa (7,6-9,6%), dan hemiselulosa (6,4-9,4%) yang berperan penting bagi tubuh. Kandungan-kandungan tersebut ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat dari penyakit Diabetes Melitus (DM).

Lima mahasiswa tersebut telah mencoba ekstrak kulit pisang kepok itu ke tikus yang telah disuntikkan streptozotocin sehingga terkena DM. Setelah diberikan selama 14 hari, hasilnya kadar gula yang terdapat pada tikus tersebut menurun.

Nah, setelah tahu ini masih mau menganggap remeh kulit pisang?

2. Bisa juga jadi obat luka bakar

Manfaat tersembunyi pisang yang harus kamu tahu

Kulit pisang ternyata tak hanya bisa mencelakakan orang yang menginjaknya. Di tangan lima mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), kulit pisang bisa digunakan untuk meregenerasi kulit saat luka bakar. Lima mahasiswa tersebut adalah Emelia Tri Ambarwati, Viki Aswi, Izar Mirza, Rizwanda dan Endah.

Dengan campuran ekstrak bungan kamboja, Emelia dan kawan-kawan mengubah kulit pisang itu menjadi spray yang bisa dijadikan pertolongan pertama bagi luka bakar.

3. Getah pisang juga berkhasiat

Manfaat tersembunyi pisang yang harus kamu tahuManfaatkan getah pisang. Mahasiswa UMY sulap getah pisang jadi obat luka bakar

Tak hanya kulit pisang, ternyata getah pisang juga mempunyai manfaat sebagai obat luka bakar. Di tangan lima mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Desy Dwi Utami, Dhiya Agustina Pratiwi, Jalu Anggara Winadi, Oktaviani Nur Azizah, dan Irrene Wulan Syafitri, getah pisang dijadikan obat luka pengganti antiseptic yang banyak beredar di pasaran.

Desi mengungkapkan jika pengobatan luka menggunakan antiseptik berbahan kimia ternyata tidak dibenarkan karena menimbulkan gangguan hipertiroid. Salah satu bahan alami yang baik itu pengobatan luka adalah getah pohon pisang. Menurut penelitian yang dilakukan lima mahasiswa tersebut, getah pisang ampuh sembuhkan luka bakar tanpa efek samping.

4. Jadi obat jerawat

Manfaat tersembunyi pisang yang harus kamu tahu

Manfaat kulit pisang. Ternyata ampuh obati jerawat.

Selain jadi obat luka bakar dan diabetes, kulit pisang ternyata juga ampuh obati jerawat. Dikutip dari Wikihow, kandungan vitamin A,B,C,E, pottasium serta zinc dan zat besi pada kulit pisang bisa membantu menenangkan kulit serta mengurangi jerawat.

Caranya cukup mudah, terlebih dahulu cucilah wajah untuk membersihkan kotoran dan minyak. Setelah itu ambillah kulit pisang dan gosokkan secara lembut ke wajah selama sekitar 10 menit. Pilih kulit pisang yang bersih dan berwarna kuning tanpa bintik hitam. Lakukanlah secara teratur untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

5. Pelepah pisang juga ada manfaatnya

Manfaat tersembunyi pisang yang harus kamu tahuPelepah pisang. Punya manfaat sebagai antiseptik alami.

Tak hanya kulit dan getah pisang yang bisa diambil manfaatnya. Pelepah pisang setelah diteliti juga bisa memberikan manfaat bagi manusia. Lima mahasiswa Universitas Diponegoro, Umi Ardiningsih, Kinanti Fajar, Hamas Musyaddad, Rozzaq A Islamudin, dan Laelatul Hikmah, telah membuktikannya.

Dari kandungan yang ada, mereka bisa mengubah pelepah pisang yang biasanya hanya dibuang menjadi hand sanitizer yang ampuh bunuh kuman. Zat-zat yang ada pada pelepah pisang ternyata berguna sebagai antiseptik alami. Dari situ pelepah pisang kemudian diolah menjadi cairan yang siap pakai untuk teman cuci tangan. Lebih alami tanpa banyak campuran bahan kimia yang berefek samping.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more