Brilio.net - Pisang dipercaya memiliki manfaat baik untuk jantung manusia. Kandungan kalium yang tinggi serta mineralnya sangat berguna untuk melancarkan peredaran darah serta mencegah tumbuhnya plak pada pembuluh darah. Biasanya ketika membeli pisang di pasar atau di supermarket, kita akan memilih pisang dengan kulit yang kuning bersih untuk kita bawa pulang ke rumah. Tapi, tahu nggak sih, pisang yang baik justru yang punya banyak bintik-bintik hitam di kulitnya? Hah? Masa sih?

Dikutip brilio.net dari Healthy Food House, Selasa (2/6), bintik-bintik hitam pada kulit pisang menandakan bahwa pisang tersebut merupakan pisang yang matang. Nah, pisang yang sudah matang ini, menurut penelitian di Jepang, memproduksi senyawa alfa-Tumor Necrosis Factor (TNF) yang lebih banyak dibandingkan pisang berkulit kuning polos. Kandungan senyawa inilah yang dipercaya dapat memperkuat sistem imun tubuh dalam melawan tumor atau kanker serta penyakit-penyakit lainnya, wow!

Pisang yang berbintik hitam kulitnya punya banyak zat antikanker lho!

Hal ini disebabkan karena ketika seseorang memakan pisang dengan bintik hitam yang banyak, maka TNF yang masuk ke dalam tubuh akan berubah menjadi sitokin yang nantinya akan disekresikan oleh sel-sel tertentu yang mendukung sistem imun tubuh, serta mempengaruhi sel-sel yang lain.

Hebatnya lagi, jika zat ini bertemu dengan sel-sel abnormal, maka zat ini akan segera memeranginya. Supaya mendapatkan manfaatnya, para peneliti kemudian menganjurkan untuk mengonsumsi pisang jenis ini sebanyak 1-2 buah per hari.

Nah, kamu sudah makan pisang belum hari ini? Kesehatanmu lho!