×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Jalan-jalan di pantai bikin durasi tidur lebih lama

View Image

0

BRILIO » News

Jalan-jalan di pantai bikin durasi tidur lebih lama

Berjalan di pinggir pantai juga menyediakan kesempatan untuk instrospeksi dan refleksi diri.

25 / 09 / 2015

Brilio.net - Jalan-jalan ke pantai itu emang bikin adem ayem. Pemandangan yang eksotis ditemani orang terdekat berjalan menyusuri bibir pantai bakalan jadi kenangan terindah. Apalagi bau khas pantai dan laut yang katanya bikin orang-orang pengin balik lagi dan lagi. Lengkap deh pokoknya!

Tak hanya itu, menurut sebuah studi terbaru yang dilansir brilio.net dari The Guardian, Jumat (25/9) mengatakan bahwa berjalan-jalan di pinggir pantai bisa membuat durasi tidur lebih lama hampir satu jam.

Studi ini menemukan bahwa orang-orang yang berjalan-jalan di pinggir pantai, durasi tidurnya lebih lama 47 menit dibanding orang-orang yang berjalan di trotoar biasa yang hanya mendapat tambahan tidur 12 menit. Menurut penelitian, berjalan di pinggir pantai juga memrovokasi pemikiran mengenai masa kecil dan keluarga, sehingga menyediakan kesempatan untuk instrospeksi dan refleksi diri.

Psikolog lingkungan, Eleanor Ratcliffe, yang juga memimpin penelitian dari kampanye tahunan National Trust Great British Walk ini mengatakan, jelas ada sesuatu yang spesial dari pesisir pantai yang menyebabkan mood kita meningkat sehingga bisa lebih santai dan tidur lebih lama.

Sekitar 100 partisipan berusia 21-82 tahun ikut dalam studi ini dengan berjalan sekitar tujuh mil dan dibagi menjadi dua grup. Satu grup berjalan di pinggir pantai dan sisanya berjalan di dataran biasa, pegunungan dan taman.

Loading...

Partisipan dari kedua grup ini dilaporkan lebih bahagia, lebih tenang, lebih waspada dan tidur lebih baik setelah berjalan-jalan tadi. Namun, mereka yang berjalan-jalan di pinggir pantai durasi tidurnya lebih lama dibanding yang lainnya.

Hasil studi ini mungkin nggak terlalu mengejutkan. Kita tahu bahwa beberapa "bantuan tidur" di pasaran berhubungan dengan laut, misalnya CD yang berisi suara lautan. Namun, alasan mengapa berjalan di pinggir pantai bisa membantu tidur lebih lama masih menjadi teka-teki hingga saat ini.

Ratcliffe beranggapan, hal itu bisa terjadi karena berjalan di pinggir pantai berkaitan dengan pengalaman liburan. "Pengalaman bahagia untuk sejenak 'lari' atau berada 'jauh' dari rutinitas sehari-hari mungkin yang menyebabkan mereka bisa lebih bersantai sehingga mempengaruhi kualitas tidurnya," kata Ratcliffe.

Berjalan di pantai bisa membangkitkan kenangan bersama orang-orang terdekat seperti orangtua, anak-anak atau anggota keluarga lainnya dan kenangan masa kecilnya. Ratcliffe mengatakan berjalan di dekat air bisa menjadi salah satu cara untuk refleksi diri.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    50%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more