Brilio.net - Foto-foto aksi teror di Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat kemarin tak luput dari bidikan kamera netizen saat peristiwa tersebut berlangsung. Misal foto tukang sate, penjual kopi sepeda keliling dan juga tukang jual kacang di seberang pos polisi yang sempat menjadi viral di media sosial.

Dari beberapa foto yang menjadi viral itu, salah satunya adalah seorang ibu-ibu berkerudung pink sedang siap selfie dengan foto terduga teroris yang sedang berjalan di belakangnya. Keanehan ini tentu menarik para netizen untuk mengecek keaslian foto tersebut.

BACA JUGA: Ini infografis komplet kronologis penyergapan teroris Bom Sarinah

Perdebatan foto tersebut pun ramai dibicarakan di media sosial Facebook misalnya. Banyak yang memberikan keterangan foto tersebut merupakan rekayasa dengan memadukan foto asli dan hasil editannya. Salah satunya akun Facebook bernama Prawiro Sudirjo yang mengunduh dua foto yang disinyalir merupakan gabungan foto yang menjadi viral tersebut. "Case closed," tulis akun Prawiro Sudirjo dalam statusnya, seperti dikutip brilio.net, Sabtu (16/1).

Sekilas memang foto ibu tersebut agak blur dengan angle terduga pelaku di belakangnya. Foto asli ditengarai milik fotografer Veri Sanovri, Xinhuanews yang ramai beredar. Dan yang kedua, foto ibu-ibu siap selfie di sebuah forum. Melihat keterangan netizen di atas tentu terlihat rekayasa. Kamu bisa membandingkannya sendiri mengenai keaslian foto tersebut.

(brl/gib)