Brilio.net - Pertanda dari sebuah kehidupan adalah adanya perubahan. Perkembangan  manusia tidak hanya persoalan bagaimana berpikir, tetapi juga dalam hal berpakaian. Salah satu contoh kecilnya adalah evolusi pemakaian celana pendek.

Munculnya celana pendek untuk cowok ini ditandai pada tahun 1920-an. Bahkan fashion item yang satu ini memiliki masa kejayaan hingga 1960-an. Pada awalnya celana pendek hanya dipakai oleh anak laki-laki yang belum dewasa. Celana pendek dipakai oleh anak kecil sampai batas usia 13 tahun.

Berdasarkan sejarah, negara yang pertama kali memakai celana pendek adalah Inggris, kemudian diikuti oleh Prancis. Ide awal dari celana pendek ini terinspirasi oleh tentara Inggris. Celana pendek membuat aktivitas lebih mudah untuk dilakukan dibandingkan saat memakai stoking atau celana panjang. Kemudian celana pendek ini menyebar ke seluruh daratan Eropa setelah organisasi kepramukaan mulai mengadopsinya.

Celana pendek di mata penduduk Amerika memang berbeda, bahkan jauh. Meski pihak kepanduan kepramukaan menyarankan agar tentara Amerika memakai celana pendek, akan tetapi para pejuang Amerika menolaknya.

Pada waktu itu, imej celana pendek hanya untuk bocah laki-laki saja. Banyak ibu-ibu di Amerika yang memakaikan celana pendek bagi putra-putra mereka hingga berumur 10 tahun. Hal yang sangat kontras adalah tidak ditemukannya foto anak sekolah di Amerika yang mengenakan celana pendek. Padahal, celana dengan model tersebut menjadi ikon di Inggris dan seluruh daratan Eropa.