Brilio.net - Hai, guys! Kamu suka bercocok tanam? Sekarang ini ngetrend lho, gaya hidup sehat dengan mengonsumsi bahan makanan organik. Nah, kalau kamu hobi bercocok tanam dan ingin menghasilkan sendiri bahan makanan organik, kamu bisa coba menyuburkan tanaman dengan susu. Lho, kok, bisa?

Jadi, menurut artikel 'Milk Fertilizer Benefits: Using Milk Fertilizer On Plants' yang dikutip brilio.net dari gardeningknowhow.com, Kamis (2/4), susu mengandung kalsium yang juga dibutuhkan tanaman untuk pertumbuhan.

Tanaman yang kekurangan kalsium bisa dilihat dari ciri fisiknya yang kerdil atau tidak dapat tumbuh sebagaimana mestinya, layu, kemudian membusuk. Hal ini bisa dilihat pada tanaman tomat, paprika, atau labu. Nah, dengan memberikan susu, akan membantu pemenuhan kebutuhan kalsium tanaman.

Masih dari sumber yang sama, susu berfungsi untuk bahan campuran pestisida yang berguna membasmi kutu daun. Hal ini dapat dilihat dari pengaruh susu untuk mereduksi transmisi virus daun seperti pada daun tembakau. Susu juga bisa menjadi agen antijamur yang efektif, khususnya dalam pencegahan penyakit embun tepung.

Penyakit embun tepung  sendiri merupakan penyakit pada daun tanaman yang disebabkan jamur Oidium heveae. Imbas dari penyakit ini adalah daun-daun yang masih muda berguguran, membuat pertumbuhan tanaman terhambat, dan produktifitas menurun.

Nah, lalu bagaimana cara memupuk tanaman dengan susu?. Pertama, kamu perlu menyiapkan susu basi. Kalau nggak punya, gunakan saja susu segar atau susu bubuk.

Kedua, cairkan susu dengan air. Perbandingan campuran air dan susu adalah 50:50. Ketiga, masukkan cairan air dan susu ke dalam botol penyemprot. Lantas, semprotkan itu pada daun tanamanmu. Daunnya akan menyerap campuran air dan susu tersebut.

Nah, kalau tanamanmu adalah tomat, daun tomat akan terjangkit jamur kalau ada cairan di daunnya begitu lama. Hal ini disebabkan, cairan susu itu sendiri juga tidak baik jika diberikan terlalu berlebihan atau dibiarkan terlalu lama (tanpa diserap daun) sebab susu mengandung bakteri yang bisa 'berkoloni' dengan jamur dari daun tomat sehingga merugikan pertumbuhan tanaman itu sendiri.

Jadi, solusinya kamu perlu membersihkan daunnya dulu jika ingin cairan susu dan air itu terserap daun. Keempat, kamu bisa menuangkan campuran susu dan air tersebut di sekitar batang tanaman. Akar tanamanmu akan menyerapnya.

Cukup mudah, kan, guys? Yang butuh tumbuh tinggi dan sehat bukan kamu aja, lho, tapi juga tanaman. Sayangi tanamanmu, ya.