Brilio.net - Banyak tugas dari sekolah yang tidak membuat siswa tambah pintar. Salah satunya adalah pekerjaan rumah alias PR. Berdasarkan survei terbitan Journal of Educational Psychology seperti yang dikutip dari edweek.org, Sabtu (4/4), menerangkan bahwa terlalu lama mengerjakan PR tidak menjamin seorang siswa tambah cerdas.

Survei ini dilakukan terhadap 7.725 siswa SMP di Spayol. Penelitian ini mengulik tentang berapa lama waktu yang digunakan oleh masing-masing siswa dalam mengerjakan PR setiap harinya. Untuk menguji pengaruh antara lama mengerjakan PR dan kecerdasan, penelitian ini juga menguji semua responden untuk mengerjakan soal matematika dan IPA sebanyak 48 pertanyaan.

Survei membuktikan, banyak mengerjakan PR tidak bikin pintar

Dari hasil riset tersebut, siswa yang mengerjakan PR antara 90-100 menit mendapat skor tertinggi dalam menjawab pertanyaan tersebut. Akan tetapi, keunggulan nilai dari kelompok ini tidaklah terlalu signifikan dibandingkan dengan mereka yang waktu mengerjakannya kurang dari 90 menit.

Di sisi lain, siswa yang mengerjakan PR antara 90-100 menit menunjukkan skor yang rendah dalam penilaian tersebut. Sang penelitipun menyimpulkan bahwa waktu mengerjakan PR yang berkisar antara 70-90 tidaklah efisien. Jadi, memberikan tugas yang membutuhkan lebih dari 70 menit untuk mengerjakannya kepada siswa tidaklah bagus untuk meningkatkan kecerdasan.

Loading...

Hasil penelitian itu menganjurkan bahwa waktu yang efisien untuk mengerjakan PR adalah 60 menit. Jadi jika kamu tidak terlalu pintar dalam pelajaran, mungkin kamu terlalu banyak waktu dalam mengerjakan PR.