Brilio.net - Siku yang berwarna hitam seringkali menjadi gangguan dalam setiap penampilan. Terutama buat para wanita yang sering dibuat pusing dengan siku yang berwarna gelap ini. Apalagi kalau bukan soal tak bebas dalam memilih pakaian. Pakaian yang memperlihatkan bagian siku yang biasanya jadi sumber kegalauan.

Warna hitam dan gelap di bagian siku memang menjadi daerah yang paling sulit untuk berubah jadi mulus dan putih seperti dambaan kulit wanita pada umumnya. Tapi tenang, karena ada cara alami dan sederhana lho yang bisa kamu lakukan di rumah untuk menyingkirkan warna gelap pada bagian siku, seperti dilansir brilio.net dari The Times of India, Sabtu (13/6). Berikut ini cara untuk menyamarkan warna gelap pada bagian siku.

1. Tabir surya

Tabir surya atau sunscreen sangat mudah diterapkan di bagian siku saat kamu harus pergi ke luar rumah. Karena siku juga akan terkena sinar matahari yang dapat merusak sel-sel kulit kamu. Jadi, pada saat kamu melangkah keluar dari rumah, jangan lupa untuk memakai tabir surya ya.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

2. Jus lemon

Jus lemon bertindak sebagai exfoliator yang baik. Cara penggunaan lemon ini bisa kamu lakukan dengan memotong satu buah lemon. Setengah bagian untuk satu siku dan sisanya untuk siku satunya. Gosok-gosokkan pada siku selama kurang lebih 5 hingga 10 menit. Gosok dengan lembut dan perlahan, lakukan secara rutin 3-4 kali dalam seminggu.

Kandungan vitamin C asam sitrat yang begitu kaya pada lemon terbukti ampuh dapat memutihkan bagian kulit yang lebih gelap. Sehingga tak heran banyak produk kecantikan yang menggunakan lemon sebagai bahan dasarnya.

3. Kunyit, madu dan susu

Kunyit memiliki sifat antiseptik dan susu bertindak sebagai pemutih, sedangkan madu melembabkan kulit kering. Sifat alami dari bahan tersebut akan membantu untuk menyingkirkan warna siku dan lutut yang hitam. Campur beberapa kunyit dengan susu dan madu untuk membuat pasta halus. Oleskan pada daerah gelap dan diamkan sekitar 20 menit. Basahi tanganmu dan gosokkan selama beberapa menit kemudian mencucinya dengan air dingin.

4. Gula dan minyak zaitun

Gula bekerja sebagai sumber yang sangat baik dari pengelupasan kulit, sementara minyak zaitun akan melembabkan kulit. Campurkan dengan jumlah yang sama dari minyak zaitun dan gula untuk membuat pasta tebal. Oleskan campuran ini pada lutut hitam dan siku. Gosok kulit dengan menggunakan campuran ini selama sekitar lima menit. Lalu cuci dengan sabun lembut dan air.

5. Tepung gram dan lemon

Tepung gram membersihkan daerah dan juga memberikan pengelupasan kulit ringan. Sementara jus lemon bertindak sebagai pemutih alami yang akan membantu mengurangi kegelapan dari siku kamu. Tambahkan beberapa air jeruk nipis untuk tepung gram untuk membuat pasta. Terapkan campuran dan gosok dalam gerakan melingkar pada sikumu. Biarkan hingga kering dan cuci dengan air dingin.

BACA JUGA:

Cara mudah dan alami memutihkan lutut hitam, silakan dicoba!

Zaman dulu adu kecantikan wanita diuji saat mengendarai vespa

9 Manfaat baking soda untuk kecantikan

Sabun kecantikan ini terbuat dari lumpur kawah Dieng, mau coba?

VIDEO: Kecantikan bukan dari fisik saja

Tak bisa melihat sejak lahir, wanita ini maknai kecantikannya, bikin haru!

Susu kedelai simpan khasiat untuk kecantikan kulit

8 Standar unik kecantikan wanita di dunia

Rahasia kecantikan 7 bintang top Hollywood yang bikin kamu heran

(brl/pep)