Brilio.net - Sakit bisa menjadikan seseorang memaknai sebuah omongan secara berbeda. Itulah kenapa kamu harus bisa kontrol diri saat berinteraksi dengan temanmu yang sedang sakit. Jangan sampai rasa simpatimu menjadi salah karena cara ngomongmu tidak tepat.

Berikut adalah cara ngomong kepada temanmu yang sedang sakit tanpa merusak suasana hatinya, seperti dikutip brilio.net Wall Street Journal, Minggu (14/6):

1. Cari tahu jenis penyakitnya sebelum ngomong

Jangan sampai kamu menanyakan kabar kepada teman yang sedang sakit. Hal ini bukanlah basa-basi yang tepat. Tanyalah hal-hal yang spesifik tentang perkembangan medisnya. Jika temanmu terkena demam berdarah, cobalah bertanya tentang perkembangan trombositnya. Jangan hanya sekedar bertanya "Apakah hari ini lebih enakan?".

2. Pikir-pikir lagi soal memberikan saran

Loading...

Saran yang kamu utarakan kepada temanmu yang sakit bisa membuat bingung. Meskipun kamu membaca dari sumber yang relevan, jangan gegabah untuk memberikan saran. Tugasmu tidaklah memberikan saran ini dan itu, cukup menjadi teman yang baik saja.

3. Jangan paksa untuk positive thinking

Banyak orang yang sering mengingatkan untuk selalu mempunyai pikiran positif saat sakit. Sebagai temannya, janganlah melakukan hal ini. Saat kamu menyemangatinya agar tetap positive thinking, hal ini seakan-akan mengatakan bahwa temanmu melakukan hal yang tidak tepat saat sakit. Selain itu, kata-kata tersebut juga bisa membebaninya.

4. Ngomonglah seperti biasanya

Meskipun sakit, cobalah berinteraksi seperti biasa. Munculkanlah lelucon yang sering kamu dan temanmu lakukan. Jangan berpikir bahwa saat sakit, temanmu membutuhkan obrolan khusus. Lakukanlah obroloan seperti biasa, seperti saat dia sedang sehat.

5. Bantulah dia merasa 'berguna'

Ajaklah temanmu untuk melakukan aktivitas ringan sambil ngobrol. Mungkin jalan-jalan, atau sekedar bermain tebak-tebakan. Hal ini bisa membantu temanmu tetap merasa 'sehat' meskipun sedang sakit. Positifnya lagi, temanmu merasa 'berguna' juga.

BACA JUGA:

4 Senyuman ini bisa mengungkap bagaimana sebenarnya kepribadian kamu

10 Alasan kuat kenapa kamu mesti bahagia ketika cintamu ditolak

Awas! 10 Bahan makanan ini nggak boleh kamu simpan di dalam lemari es

VIDEO: Hal-hal yang terjadi pada jasadmu di dalam tanah usai meninggal

Begini penjelasan kenapa maghrib & tengah malam identik dengan mistis

VIDEO: Kisah sepasang sepatu bekas yang akan membuatmu menangis

Sarapan buah bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi bikin kamu lebih sehat!

Kamu sering gemetaran? Hati-hati mungkin itu gejala Multiple Sclerosis

Duh, terobsesi dengan makanan sehat bisa bikin gejala gangguan makan!

Cermati ubanmu, bisa jadi itu adalah gejala kanker, hati-hati!

Ini kandungan menu sarapan yang baik, sudahkah sarapanmu memenuhi?