×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Penting buat kamu yang lagi nunggu panggilan kerja

View Image

0

BRILIO » Life

Penting buat kamu yang lagi nunggu panggilan kerja

Biar enggak bingung musti ngapain saat nunggu panggilan kerja, coba tips berikut ini agar waktumu jadi lebih bermakna.

21 / 03 / 2015

Brilio.net - Bagi kamu fresh graduate, pastinya sudah mempersiapkan diri dong menghadapi kehidupan barumu. Sesudah masukin lamaran, kamu harus bersabar nunggu panggilan yang kadang nggak tentu kapan datangnya. Apa yang kamu rasakan?  Khawatir, galau, bete?

Sambil nunggu panggilan, bingung apa yang harus dikerjakan? Kamu bisa coba tips dari brilio.net berikut ini agar waktumu jadi lebih bermakna.

1. Kamu harus bervisi

Yang paling utama, kamu harus punya visi (mimpi). Sebab visi yang akan menentukan arah/kendali gerakmu ke depan. Visi bagaikan puncak gunung, yang menjadi idaman dan yang diperjuangkan bagi setiap pendaki.

Kalau belum bervisi, ke depan, arahmu bakal nggak beraturan. Kalau sudah begini, cenderungnya kamu akan berkata "ya yang penting dapet", "sedapetnya aja deh", atau ungkapan lain yang sejenis. Pasrah banget sih! Inget, hidupmu kamu sendiri lho yang harusnya menentukan. Jangan sampai dong ini terjadi ke kamu yang sudah bergelar sarjana.

Loading...

Trus kalau sampai lulus masih belum punya visi gimana? Ya tinggal cepetan tentukan visi aja. Memang terbilang terlambat (banget) sih, sebab nentukan visi nggak cukup satu-dua menit atau satu-dua jam, butuh pemikiran panjang dan kontemplasi sebab berkaitan dengan hidupmu jangka panjang. Tapi ya mau gimana, daripada hidupmu terlalu ngalir gitu aja mending tetap rumuskan visimu sekarang.

2. Bantu teman menyelesaikan skripsi

Ini adalah salah satu hal bermanfaat yang bisa kamu kerjakan, yaitu jadi tempat tanya-tanya skripsi (konsultan dadakan) bagi teman-teman jurusanmu. Selain memudahkan jalan bagi orang lain, hitung-hitung mengingat kembali langkah-langkah menggarap skripsi dan wawasanmu bakal nambah karena pasti topik skripsi temanmu nggak sama dengan topikmu. Dan secara nggak sadar, kamu turut membantu pihak jurusan dalam hal mempercepat kelulusan mahasiswa. Ilmumu nggak bakalan berkurang kok dengan ngebantu teman, justru kamu makin kaya wawasan.

3. Perkaya kualitas diri sesuai bidang yang akan ditekuni

Kamu bisa ikut program-program yang bisa menunjang karirmu ke depan. Misalnya kamu ingin berkarir di perusahaan multinasional, maka kamu bisa ambil kursus untuk memperlancar bahasa inggrismu. Kalau kamu lulusan teknik, bisa memperdalam program AutoCAD, Corel Draw, Photosop, Hysis, Aspen, SAP, dll, sesuai bidang teknik apa yang kamu ambil ketika kuliah.

Atau kalau mau belajar hal yang tidak berkaitan langsung dengan jurusanmu pun nggak ada salahnya. Siapa tau justru yang baru kamu pelajari itu ynag lebih cepat kepakai dan lebih memancing datangnya pemasukan.

4. Hasilkan duit dari hobimu

Kamu pasti punya hobi dong. Nah, sambil kamu mendalami hobimu, sambil juga hasilkan duit darinya. Misalnya kamu suka nulis, coba kirimkan tulisanmu ke media (cetak maupun online) bisa menghasilkan rupiah. Kalau kamu hobi ngedesain, coba-coba buka jasa desain ke temen-temen sendiri dulu, kalau sudah sering dapat orderan kan bisa merambah pasar yang lebih luas. Kalau hobi olahraga, cari dong event-event perlombaan buat nunjukin bakatmu.

Bermanfaat kan, ketimbang kamu ngabisin waktu nganggurmu dengan cuma berdiam di kamar.

5. Coba ngelamar di tempat lain

Nah ini juga bisa kamu lakukan: coba aja ngelamar di beberapa tempat. Jangan sampai kamu terlalu yakin sekaligus terlalu berharap dengan satu instansi. Kalau nggak kunjung dipanggil kan kamu juga yang nganggur berkepanjangan.

Sebaiknya sih kalau sudah dapat kepastian diterima di satu tempat nggak perlu lagi nerusin yang di tempat lain. Tapi kalau kamu orangnya penasaran dan tetap nyoba, dan akhirnya diterima di lebih dari satu tempat, kamu bisa pilih yang paling sreg bagimu dan tinggalin salah satunya.

Yang agak ribet itu kalau yang pengen kamu tinggalin tempat kerja yang lebih awal nerima kamu dan kamu sudah sempat kerja beberapa waktu di sana. Kamu harus pinter cari alasan yang baik dan logis. Bukan bermaksud ngajarin beralasan lho, tapi supaya kamu nyaman dengan pekerjaanmu nantinya. Kalau yang mau kamu tinggalin adalah yang belakangan nerima kamu, apalagi masih tes tahap tertentu, kamu bisa langsung nggak usah ngelanjutin tes tahap berikutnya.

6. Berbuat baik kepada banyak orang

Langkah ini adalah langkah spiritual dan religius. Rumusnya, kalau kamu memberi memudahkan pada orang lain, maka kamu akan dimudahkan oleh-Nya. Berbuat baik dalam hal apa saja adalah bentuk usaha dalam bentuk yang lain agar dipercepat memperoleh pekerjaan.

7. Berdoa

Jangan sepelekan berdoa. Ini adalah sebuah bentuk pengakuan bahwa kamu tidak selalu bisa mewujudkan keinginan sehingga butuh pertolongan dari Yang Maha Kuat. Memanjatkan doa adalah sebuah sapaan pada-Nya dari seorang yang merasa lemah. Berdoalah sesering mungkin, pertanda kamu selalu mengingat-Nya. Dan kamu harus percaya bahwa setiap doa pasti memperoleh pengabulan dari-Nya.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Pekerjaan
Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more