×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Orang yang tenang dan santai cenderung punya ingatan tajam

View Image

0

BRILIO » Life

Orang yang tenang dan santai cenderung punya ingatan tajam

Sikap santai bisa memberikan banyak manfaat, baik untuk fisik maupun mental.

04 / 08 / 2015

Brilio.net - Banyak di antara kita sulit untuk mengendalikan diri untuk lebih santai dan rileks sejenak. Biasanya sih kesulitan ini disebabkan karena pikiran dan tekanan kerja yang terus menerus tanpa jeda. Alhasil, tak heran kalau banyak orang yang kini sering merasa cemas bahkan sampai menderita depresi yang benar-benar bisa memengaruhi ingatan.

Padahal menurut sebuah studi, sikap santai bisa memberikan banyak manfaat, baik untuk fisik maupun mental. Tapi kalau kamu masih tidak mampu bersikap santai, akan berpengaruh pada daya ingat, lho.

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh para ahli Mount Sinai School of Medicine di New York, Amerika Serikat menemukan bahwa orang-orang yang bersikap santai cenderung memiliki daya ingat yang tajam daripada orang-orang yang memiliki kepribadian yang lebih neurotik (tertekan dan mudah panik).

Menurut para ahli, hal ini disebabkan karena orang-orang yang memiliki kadar neurotisisme tinggi cenderung memiliki keterkaitan syaraf yang lebih lambat. Alhasil, mereka pun cenderung memiliki dan daya ingat yang lebih buruk ketimbang mereka yang bersikap tenang dan santai.

Loading...

Untuk melihat bagaimana ciri-ciri kepribadian yang berbeda dapat memengaruhi memori, para peneliti mengukur aktivitas otak dari 40 orang dewasa ketika mereka menjalani uji daya ingat. Kemudian, masing-masing peserta diminta mengerjakan tes psikologi NEO-PI-R yang mengukur lima tipe kepribadian utama, yaitu neurotisisme, extraversi, keterbukaan terhadap pengalaman, sikap setuju, dan kecemasan.

"Kami menemukan bahwa orang yang tertekan, mungkin disebabkan karena mereka memiliki kecenderungan untuk khawatir, ternyata kurang efisien," kata Sophie Frangou, ketua penelitian, seperti dilansir brilio.net dari Goodhouse keeping, Senin (3/8).

Dia melanjutkan, partisipan yang memperoleh nilai lebih tinggi dalam skala sifat kehati-hatian dan orang yang bersifat santai lebih cepat dan akurat dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.

So, ketika kamu mampu mengatur emosi diri supaya selalu tenang, santai, dan rileks, cenderung akan memiliki daya ingat yang tajam ketimbang kalau kamu selalu panik, tertekan serta merasa khawatir saat berhadapan dengan kesulitan. Well, this study can be another reason to just relax!





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more