Brilio.net - Tomat sering dijadikan hiasan untuk mempercantik tampilan makanan. Bagi yang nggak terlalu suka, akan membiarkannya di ujung piring. Sebenarnya ini cukup disayangkan lho. Sebab, tomat memiliki kandungan vitamin yang sangat banyak yang berguna bagi kesehatanmu.

Salah satu manfaat mengonsumsi tomat adalah mengurangi resiko terkena kanker prostat bagi para pria. Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Bristol University, Cambridge Unviersity serta Oxford University termuat dalam Cancer Epidemiologi Biomarkers and Prevention, seperti dikutip brilio.net dari Fox News, Jumat (22/5). Dalam penelitian ini disebutkan bawa mengonsumsi tomat dapat menekan resiko kanker prostat sampai dengan 18 persen.

Penelitian dilakukan dengan membandingkan cara diet dari 1806 responden pria yang mengidap kanker prostat dengan 12.005 orang yang bebas kanker. Nah, menurut para peneliti, tomat ternyata mengandung selenium, kalsium, antioksidan dan lycopene yang memiliki manfaat sangat besar salah satunya mencegah kanker prostat.

Lycopene memang terkenal dapat menghancurkan oksigen buruk akibat radikal bebas dan bahkan lebih efisien ketimbang vitamin E, lho. Itu sebabnya, banyak pasien kanker terutama kanker paru-paru, prostat dan perut dianjurkan untuk mengonsumsi lycopene oleh American Cancer Society. Nah, mulai sekarang jangan malas makan tomat ya.

Loading...