Brilio.net - Hewan memang mempunyai keunikan tersendiri untuk hidup di bumi. Salah satunya adalah ikan dengan nama zebrafish. Ikan jenis ini mampu memproduksi sunblock sendiri dikutip oleh brilio.net dari jurnal eLife, Jumat (15/5). Penelitian tersebut telah dilakukan oleh profesor asal Oregon State University, Taifo mahmud.

Peneliti menemukan bahwa zebrafish mampu memproduksi gadusol secara alami. Gadusol merupakan zat kimia yang mampu melindungi dari paparan radiasi sinar UV. Tidak hanya zebrafish saja, tetapi hewan yang masuk dalam kelompok ampibi, reptil, dan burung juga mampu memproduksi zat tersebut.

Penemuan tersebut memotivasi para ahli untuk memproduksi sunblock dalam jumlah yang besar. Selain itu, gadusol ternyata bisa menjadi antioksidan juga obat. Meskipun begitu, mengenai keamanan dan juga bagaimana mekanisme gadusol untuk dipakai oleh manusia masih memerlukan studi lanjutan.

Kabar baiknya adalah gadusol ini bisa diproduksi dengan sendiri oleh manusia dengan memanfaatkan gen yang ada pada zebrafish. Dalam uji cobanya, peneliti memasukkan gen ikan ini ke dalam ragi. Kombinasi tersebut mampu menciptakan gadusol. Produksi dengan sistem seperti ini bisa mempercepat untuk tujuan komersial.

Sang peneliti juga berhadap bahwa dengan penggunaan ragi tersebut, bisa menjadi kesempatan untuk memproduksi sunblock alami baik berupa lotion maupun pil untuk urusan kecantikan.