Cuaca panas matahari yang terik seperti yang sering terjadi akhir-akhir ini emang bikin kesel deh. Selain tubuh jadi lebih gampang berkeringat, sinar ultraviolet yang berlebihan memapari mata justru bisa membuat mata jadi nggak berfungsi sebagaimana seharusnya.

Nah, buat kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan, ada baiknya untuk menggunakan kacamata atau sunglasses ya? Tapi jangan asal pilih kacamata. Menggunakan kacamata berwarna oranye bisa bikin kamu mengantuk. Lho kok bisa?

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of Adolescent health, seperti dikutip brilio.net dari The Indian Express, Selasa (23/6), kaca berwarna amber atau seperti oranye mampu memblokir panjang gelombang cahaya tertentu yang bikin orang jadi gampang mengantuk dan tertidur.

Bahkan sebuah studi di Swiss pun setelah melakukan penelitian terhadap 13 orang remaja laki-laki, mengatakan bahwa mengenakan kacamata berwarna oranye saat beraktivitas adalah tindakan yang keliru. Memang sih bisa melindungi mata dari sinar ultraviolet, namun menggunakan kacamata oranye bisa menghambat produksi hormon melatonin di dalam tubuh. Melatonin sendiri adalah hormon yang mengatur siklus tidur manusia.

Kacamata dengan kaca berwarna oranye akan menyaring cahaya biru untuk masuk ke mata. Kekurangan cahaya biru, menurut sang peneliti, adalah faktor utama terganggunya hormon melatonin yang bikin seseorang jadi gampang mengantuk. Kacamatamu warnanya apa?