Brilio.net - Sejak kecil, kita sering diajarkan oleh orangtua kita untuk rajin menyikat gigi setiap harinya. Selain untuk mencegah kuman yang dapat membuat gigi berlubang, penelitian baru-baru ini menyebutkan bahwa orang yang jarang menyikat giginya memiliki risiko untuk terkena serangan jantung. Wah!

Sebuah riset yang dilakukan oleh para peneliti dari University College of London yang bekerja sama dengan Scottish Health Survey, mengatakan bahwa orang yang jarang menyikat giginya memiliki risiko 70 persen lebih tinggi terkena serangan jantung dibandingkan dengan mereka yang rajin menyikat giginya dua kali sehari. Kenapa bisa begitu?

Ini karena gigi yang jarang dibersihkan akan mengakibatkan infeksi di rongga mulut sehingga akan meningkatkan produksi senyawa khas yang juga berperan dalam pembentukan plak yang merupakan biang kerok penyakit jantung koroner.

Seperti dilansir brilio.net dari Daily Mail, Sabtu (9/5), bakteri yang terdapat pada gusi juga bisa terbawa oleh aliran darah dan menempel di jantung yang bisa memicu peradangan dan serangan pada jantung. O ow!

Itu makanya penyakit jantung sekarang ini dapat menyerang siapa saja, tanpa peduli berapapun usia kamu. Sejak muda, bahkan seseorang bisa saja terkena penyakit jantung. Bahkan hasil autopsi pada jenazah tentara Amerika yang meninggal di Afganistan beberapa waktu yang lalu, sebanyak 12 persen di antaranya meninggal karena penyempitan pembuluh darah akibat plak pada giginya.

Loading...

Kalau bahayanya kayak gini, mulai sekarang harus rajin menyikat gigi ya? Konsultasi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali juga wajib kamu lakukan, guys!

Jaga kesehatan ya!