Brilio.net - Mata sebagai indra penglihatan harus dijaga dengan baik. Salah satunya adalah untuk menghindarkan mata dari gangguan katarak. Gangguan mata yang satu ini memang bisa datang seiring tambahnya usia manusia. Selain umur, sinar UV (Ultra Violet) juga bisa menjadi faktor utama munculnya penyakit ini.

Dikutip brilio.net dari Webmd, Selasa (28/7), salah satu hal yang paling gampang untuk mencegah katarak adalah dengan mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam. Berdasarkan sebuah studi, mengonsumsi sayuran ini bisa menurunkan risiko terkena katarak karena kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin.  

Sang peneliti, Joshua Bomser mengonfrimasi bahwa kedua zat tersebut mampu mencegah kerusakan mata akibat radiasi sinar UV. Bahkan peneliti asal Ohio State University tersebut mencatat efek kedua antioksidan tersebut melebihi dari zat vitamin E dalam mencegah katarak.

Dalam penelitiannya, Joshua menguji efek lutein dan zeaxanthin terhadap sel mata pada laboratoriumnya. Selain itu, dia juga membandingkan efek vitamin E terhadap objek yang sama. Ternyata kedua jenis antioksidan tersebut mampu menurunkan sel yang rusak akibat UV hingga 60%. Sedangkan vitamin E hanya mampu mencapai level 32%.

Meskipun begitu, dalam riset tersebut belum diketahui bagaimana kedua jenis antioksidan tersebut bereaksi dengan lensa pada mata. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mengonsumsi bayam untuk mencegah katarak? Coba saja!

Loading...