Brilio.net - Selama ini kita pasti cuma mengenal bawang putih sebagai bahan pelengkap atau penyedap masakan. Padahal fungsi bawang putih nggak sekadar bikin masakan jadi lebih nikmat lho. Kamu yang kebetulan sedang flu dan pilek, bisa juga menggunakan bawang putih sebagai obat penyembuhannya.

Bawang putih berkhasiat menyembuhkan sakit flu karena memiliki aroma yang bisa meningkatkan serta mempercepat kerja membran mucous yang ada di saluran pernapasanmu. Nggak cuma itu, aroma yang tajam ini juga efektif melegakan tenggorokan serta membantu mengeluarkan lendir lebih cepat. Kandungan antioksidannya yang tinggi juga bagus untuk memperkuat sistem imun tubuh sehingga tubuhmu jadi nggak gampang kena penyakit.

Cara membuatnya? Gampang! Bahkan kamu bisa mengobati pilek dengan banyak cara menggunakan bawang putih, lho. Seperti dikutip brilio.net dari Health Me Up, Kamis (9/7), berikut ini empat cara mengobati pilek dengan menggunakan bawang putih.

1. Kamu bisa langsung mengunyah tiga sampai empat siung bawang putih mentah selama kurang lebih 15 menit untuk membantu menghilangkan pilek dengan cepat. Jangan lupa untuk mengulanginya setiap tiga sampai empat jam sekali ya?

2. Kamu juga bisa mencampurkan sedikit madu atau minyak zaitun pada bawang putih yang sudah di cincang halus sebelumnya. Nah, ramuan ini kudu diminum sebanyak tiga ali sehari sampai pilekmu benar-benar hilang.

3. Nggak kuat dengan bau bawang yang tajam? Kamu juga bisa kok mencampurkan hasil cincangan bawang putih tadi ke dalam segelas air putih kemudian langsung diminum dengan cepat ya? Jangan lupa, kamu mesti rutin meminumnya setiap hari supaya pilek nggak balik kembali.

4. Kamu juga bisa membuat jus bawang putih untuk mengusir pilek secara tuntas. Caranya pun gampang banget. Kamu cukup memasukkan beberapa siung bawang putih, tomat, kemangi serta sedikit garam, lalu diblender. Kalau dilakukan secara rutin, virus flu nggak bakal betah tinggal lama-lama deh. Tubuh jadi sehat dan kuat seperti sedia kala. Yuk dicoba!

BACA JUGA:

12 Kebiasaan harian yang ternyata bisa bahayakan kondisi mental kamu!

Sering nyeri punggung? Hati-hati, itu bisa karena kebiasaan merokokmu!

Awas! 10 Bahan makanan ini nggak boleh kamu simpan di dalam lemari es

VIDEO: Hal-hal yang terjadi pada jasadmu di dalam tanah usai meninggal

Begini penjelasan kenapa maghrib & tengah malam identik dengan mistis