Brilio.net - Banyak artikel yang sudah memberitahukan bagaimana rokok sangat membahayakan bagi tubuh karena dapat membawa berbagai macam penyakit, seperti asma, kanker paru-paru serta gangguan pada kardiovaskular. Nafas juga bisa jadi bau karena kebiasaan merokok. Yang paling baru, orang yang merokok ternyata lebih besar memiliki potensi nyeri pada punggung, terutama punggung bagian bawah.

Menurut Suraj Bafna, seorang dokter konsultan tulang belakang dari Qi Spine Clinic, seperti dilansir brilio.net dari Health Me Up, Sabtu (23/5), banyak studi epidemiologi yang mengatakan bahwa kebiasaan merokok memiliki kaitan erat dengan penyakit cakram invertebralis dimana terjadi nyeri yang hebat pada punggung bawah pada seorang perokok.

Bahkan beberapa kegiatan pun dapat membuat seorang perokok mengalami nyeri ini lebih besar dibandingkan orang yang tidak merokok. Wah!

Masih menurut Suraj, selain kebiasaan merokok, hipertensi dan penyakit pada arteri koroner secara signifikan mempengaruhi rasa nyeri di punggung, terutama ketika mereka sedang melakukan aktivitas fisik yang cukup berat, berdiri terlalu lama, mendorong serta menarik beban yang berat. Wah, seram juga ya? Masih berniat untuk terus merokok? Kesehatanmu lho!

Loading...