Brilio.net - Tidur adalah salah satu obat sakit yang menenangkan. Setuju, guys? Tapi, apakah semata asal tidur? Salah-salah, kalau keliru posisi tidur, justru bikin kamu tambah sakit.

Dilansir brilio.net dari Curious Facts, Selasa (7/7), berikut beberapa posisi tidur yang tepat untuk beberapa masalah kesehatan.

1. Sakit segala macam nyeri pinggul

Kamu yang mengalami nyeri ini, bisa memilih posisi tidur dengan guling atau bantal di antara lututmu, sehingga akan membuat penekanan pada panggul.

2. Masalah refluks lambung

Loading...

Refluks lambung merupakan pengaliran kembali isi lambung ke dalam kerongkongan, akibat katup kerongkongan tidak berfungsi dengan baik. Gejala ini akan menyebabkan rasa nyeri, peradangan, dan kerusakan kerongkongan. Maka, posisi tidur telentang justru tidak disarankan. Kamu perlu tidur miring atau bahkan 'berlandaskan' perutmu alias tengkurap.

3. Problem pencernaan

Kalau kamu mengalami masalah ini, coba tidur tengkurap dengan mengangkat tangan ke atas. Seakan-akan kamu mendarat bebas di kasur. Para pendengkur bisa mengambil posisi tidur seperti ini, bisa juga miring, untuk mengurangi dengkurannya.

4. Wanita hamil

Walaupun ini bukan gangguan kesehatan, tapi mengambil posisi tidur yang tepat bisa menguntungkan untuk wanita hamil. Mereka bisa tidur dengan posisi miring ke kiri untuk memaksimalkan aliran darah dan menyesuaikan dengan posisi janin.

5. Sakit leher

Kalau kamu sakit pada bagian leher, lebih baik tidur dalam posisi miring. Kamu juga bisa tidur telentang, namun posisi bantal haruslah benar.

6. Insomnia

Kalau kamu sering mengalami ini lalu sakit kepala, cobalah posisi telentang atau miring dan memungkinkan sirkulasi darah lancar ke seluruh tubuh.

7. Sakit hernia

Untuk penderita hernia, baiknya tidur tengkurap karena bisa mengurangi tekanan pada cakram tulang.

8. Penyakit sendi degeneratif

Penderita penyakit ini bisa tidur tengkurap. Selain itu, menempatkan bantal di bawah panggul juga bisa membantu posisi tidur lebih nyaman.

9. Osteoarthritis

Penderita sakit ini harus tidur dengan posisi seperti janin, alias meringkuk. Posisi ini akan mengurangi tekanan pada tulang belakang.

10. Stenosis tulang belakang

Stenosis tulang belakang adalah kondisi medis yang ditandai dengan menyempitnya lubang atau tempat keluar dari tulang belakang, menyebabkan tekanan pada sumsum tulang belakang atau saraf-saraf. Posisi tidur yang tepat adalah meringkuk seperti janin.

BERITA TERKAIT SOAL TIDUR DAN KESEHATAN KAMU:

Tidur malam tak berkualitas bisa picu pertengkaran di kantor lho!

Begini akibatnya kalau kamu malas bersihkan make up sebelum tidur!

Ini lho yang bikin mulutmu bau setelah bangun tidur

5 Jenis sindrom tidur ini unik, apa kamu pernah mengalaminya?

Wanita harus lebih banyak tidur ketimbang pria, ini alasannya!

5 Alasan kenapa kurang tidur bisa merusak hubungan pacaran kamu!

Ini hubungan olahraga dan tidur yang tidak boleh kamu abaikan

Pria & wanita memiliki cara tidur yang berbeda, berikut penjelasannya

Mengenal jenis-jenis tidur dan risikonya

Hati-hati, susah tidur bisa picu kerusakan otakmu

6 Alasan kamu harus selalu merapikan tempat tidurmu sendiri

Pengen cepet tidur? Kamu harus belajar teknik pernapasan 4-7-8

Nggak perlu lama-lama, tidur siang yang baik itu cukup 30 menit saja

5 Manfaat dahsyat tidur siang, sempatkanlah meski kamu sedang sibuk