×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini lho yang bikin mulutmu bau setelah bangun tidur

View Image

0

BRILIO » Life

Ini lho yang bikin mulutmu bau setelah bangun tidur

Napas yang tak sedap setelah bangun tidur disebabkan oleh bakteri.

01 / 07 / 2015

Brilio.net - Tidur itu cara paling ampuh untuk mengembalikan energi setelah seharian beraktivitas. Yang jadi masalah adalah setelah bangun dari tidur.

Emang sih tubuh jadi bugar kembali, tapi napasnya itu lho, bau banget kan? Bahkan saking baunya, kadang-kadang suka dibilang kaya bau naga. Ugh, sebel deh! Kenapa bisa gitu sih? Padahal kan sudah sikat gigi.

Mulut yang berbau saat bangun tidur itu wajar kok. Hal ini disebabkan karena bakteri yang berkembang biak di dalam mulut. Bahkan perkembangbiakannya sangat pesat lho!

Menyikat gigi dan menggunakan obat kumur memang bisa mengusir bakteri, tapi seperti dikutip brilio.net dari Everydayhealth, Rabu (1/7), efeknya nggak bertahan lama, hanya sebentar saja. Beberapa saat setelah tubuh tertidur, efeknya pun segera berangsur-angsur menghilang.

Selain karena hal itu, mulut yang beraroma tidak sedap saat bangun pagi disebabkan karena saat tertidur, produksi air liur di mulut menjadi berkurang sehingga bakteri bisa berkembang semakin merajalela.

Loading...

Bakteri yang terus berkembang ini kemudian akan memproduksi sejenis zat sulfur dan zat lainnya sehingga pada akhirnya akan memecah bakteri tersebut menjadi bau yang tidak sedap.

Menurut studi yang dilakukan oleh para peneliti, di dalam mulut bahkan terdapat hampir lebih dari 600 jenis senyawa pencetus bau tak sedap yang dilepaskan oleh bakteri. Beberapa bau yang dihasilkan bahkan beraneka ragam, ada yang baunya seperti bau mayat, bau telur busuk, bau seperti kaki, bahkan ada juga lho bau yang dihasilkan menyerupai bau tinja, hiii!

Tapi, biar kata bau yang dihasilkan cukup mengganggu, pada dasarnya manusia sendiri punya sistem di dalam tubuhnya yang mampu beradaptasi dengan bau-bauan sehingga manusia cenderung untuk terbiasa dengan beragam bau, termasuk bau napas yang tidak sedap ini.

Untuk menghilangkannya, jangan lupa untuk selalu menyikat gigi dengan baik dan benar ya? Setelah makan sebaiknya tidak lupa untuk menggosok gigi dan berkumur dengan obat kumur. Sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan justru bisa menjadi pemicu bau dan kerusakan-kerusakan lainnya pada gigi. Jadi, sudah sikat gigi hari ini?







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more