Brilio.net - Selain pengorbanan, cinta juga membutuhkan durasi tidur yang cukup dari setiap pasangan. Kenyataannya, menumbuhkan cinta tidak hanya bermodal kesetiaan dan kasih sayang. Hal sepele, seperti durasi tidur juga perlu untuk menjaga keharmonisan hubungan.

Berikut adalah lima alasan mengapa kurang tidur bisa ganggu pacaranmu, sebagaimana dikutip brilio.net dari Psychology Today, Minggu (14/6):

1. Membuatmu kurang atraktif

Berdasarkan sebuah riset dari Swedia, orang yang kurang tidur terlihat tidak menarik. Studi tersebut menggunakan foto untuk membedakan antara orang yang mempunyai tidur yang cukup dan tidak. Bahkan, orang kurang tidur juga tampak tidak sehat.

2. Selera humor menurun

Loading...

Hubungan percintaan juga butuh warna humor agar langgeng. Sayangnya, produksi humor seseorang dipengaruhi oleh durasi tidur. Kemampuan untuk melucu seseorang akan menurun sejalan dengan kurangnya tidur. Studi ini dilakukan pada tahun 2006.

3. Hubungan semakin tidak bahagia

Kuantitas tidur seseorang juga mempengaruhi kualitas pacaran. Sebuah riset yang dilakukan oleh Robles, Hall, dan Buysse mengungkapkan bahwa orang yang jarang mengalami permasalahan tidur lebih bahagia. Artinya, jika ingin hubunganmu semakin bahagia, hitunglah kembali durasi tidurmu.

4. Makin banyak konflik

Studi terbaru pada tahun 2014 mengungkapkan bahwa orang dengan durasi tidur pendek mengalami konflik percintaan yang buruk. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya emosi negatif akibat kurang tidur. Selain itu, orang yang kurang tidur juga sering susah untuk setuju. Itulah kenapa banyak 'berantem', padahal hanya berawal dari masalah sepele.

5. Mempengaruhi pengambilan keputusan

Dalam setiap hubungan percintaan selalu ada keputusan yang harus dibuat antar pasangan. Durasi tidur memegang peranan penting dalam setiap pengambilan keputusan. Ketika kamu kurang tidur, maka kamu gampang terganggu, kurang inovatif, dan susah memahami informasi. Hal itulah yang akan memperburuk kemampuanmu saat memutuskan sesuatu.

Gimana? Masih mau hobi begadang dan mengorbankan hubunganmu dengan si dia?

BACA JUGA TIPS PACARAN LAINNYA DI SINI:

Ragu mau PDKT sama orangtua pacar? Mudah kok, ini caranya!

Ladies, susah banget cari waktu buat ngobrol sama pacar? Ini solusinya

Pacaran beda agama? Ini hal-hal yang pasti akan kamu alami

10 Hal yang tak perlu kamu korbankan demi pacaran yang langgeng

Yakin mau pacaran sama brondong? Pikir-pikir lagi deh

Mau LDR mu sukses? Pelajari dulu nih jurus-jurusnya