Brilio.net - Zaman serba canggih, apa-apa dicari lewat 'Mbah' Google, tak terkecuali informasi gejala penyakit. Salah-salah kalau ternyata semua gejala sesuai dengan yang dialami, bikin panik dan menyatakan diri sendiri menderita penyakit tertentu, dari yang ringan sampai yang berat.

Fakta menunjukkan bahwa 50% pengguna ponsel pintar menggunakan gadgetnya untuk memperoleh info kesehatan dan berakhir dengan kecemasan, seperti dikutip brilio.net dari laman Women's Health, Kamis (25/6). Padahal belum tentu juga informasi yang mereka dapatkan itu valid.

Psikolog menyebut obsesi teknologi terkait gejala nyata atau hanya bayangan dari sebuah penyakit ini dengan cyberchondria. Hal ini bisa terjadi secara pelan-pelan atau bisa juga menyerang tiba-tiba.

Bahaya cyberchondria ini adalah ketika orang hanya mandek pada informasi yang dia dapatkan melalui internet, tanpa berlanjut konsultasi dengan dokter. Pemikiran salah kaprah tersebut akan merugikan dia sendiri, misalnya tambah stres atau mencari pengobatan alternatif yang sebetulnya tidak perlu-atau bahkan bahaya-bagi tubuh.

Nah, untuk mengatasi cyberchondria ini, lebih baik kamu melakukan beberapa hal berikut:

1. Mendapatkan perspektif yang berbeda
Apabila kamu memiliki gejala-gejala fisik tertentu, bukan berarti kamu pasti menderita penyakit tertentu, terutama yang mengancam jiwa. Kuncinya adalah kamu tidak boleh mengabaikan gejalanya, tapi juga jangan berasumsi berlebihan dahulu.

2. Kalem saat mendiagnosis diri sendiri
Jadi, setelah kamu menyesuaikan antara gejala yang kamu alami dengan informasi di internet, kamu juga kroscek ke dokter ahli. Dokter ahli akan menindaklanjuti keluhanmu dan memberikan informasi tepat tentang yang kamu alami.

3. Jaga kondisi psikologis dan pikiran
Saat kamu panik karena informasi kesehatan di internet sesuai dengan gejala yang kamu alami, langkah pertama adalah mengendalikan pikiran. Ketika kamu bisa berpikir tenang dan positif, kamu bisa mengendalikan emosi kamu. Dengan begitu, kondisi psikologismu aman terkendali saat menghadapi segala macam kemungkinan.

4. Perhatikan cara kamu mencari info di internet
Usahakan jangan terlalu lama mencari informasi kesehatan di internet. Takutnya kamu akan semakin panik dan jadilah benar-benar mengalami cyberchondria. Lebih baik kamu pergi ke ahlinya untuk bertanya semua informasi yang kamu butuhkan.