×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ladies, suka koleksi perhiasan? Begini lho tips merawatnya

View Image

0

BRILIO » Life

Ladies, suka koleksi perhiasan? Begini lho tips merawatnya

Meskipun modelnya bagus, harganya mahal, tahan air plus karat, tapi kalau nggak dirawat bisa makin memburuk deh kualitas koleksi perhiasanmu.

17 / 07 / 2015

Brilio.net - Perhiasan adalah salah satu aksesori favorit setiap wanita. Meskipun modelnya bagus, harganya mahal, tahan air plus karat, tapi kalau nggak dirawat bisa makin memburuk deh kualitas koleksi perhiasanmu. Terus apa yang paling mungkin menyebabkan hal ini terjadi? Berikut alasan yang dirangkum brilio.net dari Genius Beauty:

1. Sering dipakai

Untuk berbagai alasan, kamu pasti sering memakai perhiasan hampir sepanjang waktu. Entah itu perhiasan kado dari orangtua atau malah cincin pernikahan. Pasti bakal dipakai terus kan, ya nggak? Apalagi yang terakhir nih, bakal jadi 'removabel' item sepanjang hidup.

Tapi, menurut ahli perhiasan berpengalaman, sering memakai perhiasan bisa merugikan kesehatan (memicu pembengkakan di jari, merusak aliran darah dan sebagainya). Selain itu, cincin juga cepat memudar dan kehilangan kualitas kemurniannya.

Nah, kamu bisa mengatasi hal ini dengan melepas perhiasan sebelum tidur, saat mencuci piring, atau kegiatan lain yang membutuhkan untuk mengenakan sarung tangan karet (berkebun, tembikar, finger painting dan sebagainya).

Loading...

2. Mandi dengan perhiasan

Hal ini juga ditujukan untuk orang-orang yang memakai perhiasan sepanjang waktu. Mereka sering melanggar aturan melepas perhiasan sebelum mandi di bak mandi, kolam renang, laut dan sebagainya. Pertamanya sih memang air tampak alami tapi seiring waktu di bawah pengaruh air, struktur bahkan yang paling tahan lama seperti batu bisa rusak. Hal yang sama terjadi dengan logam termasuk emas. Garam dan air yang mengandung klorin sangat merusak perhiasan.

3. Menyimpan perhiasan di tempat yang berbeda

Perhiasan nggak dianjurkan untuk kamu pakai sepanjang waktu. Kamu harus menentukan tempat untuk menyimpannya. Sering nggak, meninggalkan cincin dan anting-anting di rak terdekat, terus lupa dan jadi hilang deh. Atau kamu memiliki tas perhiasan atau peti kecil untuk menyimpannya, tapi terus bingung saat harus mencari salah satu item favorit. Makanya lebih baik untuk memilih salah satu tempat yang mengesankan untuk menyimpan perhiasan di rumah dan meninggalkannya di sana setelah bekerja.

4. Nggak mengasuransikan perhiasan

Perhiasan adalah objek yang sering menarik pencuri dan perampok. Rumah jadi lebih rentan saat musim panas, apalagi selama musim liburan. Bahkan sistem pengamanan yang bisa diandalkan kadang-kadang nggak bisa membantu. Kalau perhiasan udah terlanjur dicuri, jadi sulit untuk dikembalikan. Oleh karena itu, mengasuransikan perhiasan terhadap kehilangan atau pencurian akan menjadi pilihan yang baik.

5. Membersihkan perhiasan di mesin ultrasonik

Kenyamanan, kesederhanaan, dan kecepatan jadi kelebihan pembersihan perhiasan dengan mesin ultrasonik. Namun, perlu diingat bahwa prosedur ini nggak cocok untuk semua jenis perhiasan. Mutiara, opal, zamrud, cameos, karang dan permata lembut lainnya harus dijauhkan dari mesin USG.

6. Merendam perhiasan di pembersih terlalu lama

Banyak wanita yang memilih untuk membersihkan perhiasan sendiri dan menggunakan solusi pembersih khusus. Cara ini jelas harus mengikuti instruksi ketika berhadapan dengan pembersih, termasuk cairan rumah tangga, seperti alkohol, cuka, asam sitrat, soda, dll. Terlalu lama membersihkan perhiasan perak bisa memberikan efek warna hitam, sedangkan untuk emas bisa berubah warna setelah kontak terlalu lama dengan oksidan, seperti setelah memakainya pada tubuh untuk waktu yang lama.

7. Melepas cincin dengan menekan permata

Ada dua arah yang benar dan salah untuk melepas cincin, terutama cincin dengan permata. Seringkali, kamu akan menarik cincin dengan menekan atau memegang permata dengan satu jari dan mendorong bagian bawah dengan jari lain. Tekanan biasa pada permata bisa mengendur dan melemahkannya, bahkan bisa menyebabkan hilangnya permata. Saat melepas cincin, lebih baik untuk menahannya pada sisi-sisinya, tanpa menyentuh dasar halus dengan permata.

8. Mengenakan perhiasan tanpa pemeriksaan terlebih dahulu

Setiap kali sebelum memakai perhiasan dengan berlian atau permata lainnya, disarankan untuk memastikan bahwa mereka tetap kuat di tempatnya. Cobalah untuk memindahkan mereka menggunakan paku, jarum atau pin kecil. Bahkan jika satu permata kamu 'merasa' lebih longgar daripada sisa permata lainnya, mengenakan perhiasan tersebut harus ditinggalkan. Kamu harus membawanya segera ke toko perhiasan untuk perbaikan.

9. Kurangnya pembersihan secara teratur

Dianjurkan untuk mengatur pembersihan bulanan perhiasan berlian yang sering kamu pakai. Cincin dan anting-anting perlu dibersihkan lebih sering daripada kalung dan gelang. Untuk tetap yakin dengan keaslian perhiasan yang kamu punya, disarankan untuk membawa mereka untuk pemeriksaan ke toko perhiasan terpercaya setidaknya dua kali setahun.

HOT NEWS:

Cek STNK-mu, ada biaya SWDKLLJ, ini penjelasannya

Penampakan unik 14 benda yang dibelah menjadi dua

12 Foto perjalanan ke sekolah yang berbahaya dan memprihatinkan

10 Foto kocak ini diambil dengan angle yang pas, bikin ngakak!

15 Foto penyajian makanan yang unik, bikin sayang buat dimakan!

Sosok ibu RCTI Oke tahun 90-an kini jualan kue dan gorengan

Ada-ada saja, ini 15 foto kelakuan orang di ATM

12 Foto tato orang yang salah tulis, apes betul mereka ini!

15 Emoji yang sering salah digunakan saat chatting

15 Hal ini pasti pernah kamu rasakan ketika merantau ke ibu kota

19 Foto bayi hewan yang menggemaskan

11 Foto editan Agan Harahap ini dimuat di media asing top wired.com

15 Foto kombo, seni baru fotografi yang akan membuat kamu terbelalak!

Ini 12 meme Khong Guan yang pasti bikin kamu ngakak

Uji kecerdasanmu, bisa jawab di atas 7 berarti IQ tinggi

Ini dia penipuan paling epik pembeli online Indonesia, bikin ngakak

12 Pesan typo yang bikin orang salah paham

30 Nama Wi-Fi kocak yang bakal bikin kamu ngakak guling-guling!

17 Label baju kocak bin ngakak

15 Meme kocak THR yang bikin waktu nunggu THR nggak berasa (seri 1)

Meme kocak THR yang bikin waktu nunggu THR nggak berasa (seri 2)

24 Meme skripsi yang akan membuatmu meringis

20 Rasa rindu ini hanya dimengerti kamu yang pernah tinggal di Jogja

22 Gambar ini membuktikan kenapa fotografer adalah profesi yang keren!

Mbah Sholeh, meninggal 9 Kali, makamnya ada 9

Telan landak 12,7 kg, ular Piton mati perutnya ketancep banyak duri

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

10 Foto yang akan membuatmu merindukan sosok ayah

10 Coretan di uang kertas yang mungkin pernah kamu lakukan saat kecil

21 Stiker lucu di sepatbor motor, awas nabrak!

20 Tas belanjaan unik, kreatif, juga menggelikan

25 Meme kucing yang imut, ngegemesin dan bikin ketawa







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more