Brilio.net - Kebiasaan seseorang dalam hal makan bisa mempengaruhi kondisi berat badan, salah satunya adalah makan berlebihan.

Selain itu, kebiasaan ini sering berujung terhadap obesitas. Hal ini bisa memberikan efek negatif terhadap kesehatan mereka. Memang susah untuk menjaga pola makan yang sehat. Akan tetapi kamu bisa mengatasinya dengan bermain game online.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa bermain game online ternyata mampu mengurangi makan berlebihan sebagaimana dikutip oleh brilio.net dari Big Think, Kamis (30/7). Penelitian ini dilakukan oleh ahli dari Exeter University dan Cardiff University, Inggris. Dalam riset ini, Natalie Lawrence bertindak sebagai ketua tim.

Penelitian ini melibatkan 83 orang dewasa dengan rentang usia antara 23 hingga 65 tahun. Rata-rata indeks masa otot mereka (IBM) berkisar antara 21-46. Angka ini bisa berpotensi obesitas seseorang. Dalam riset tersebut responden dibagi ke dalam dua kelompok yang berbeda sesuai dengan game yang dimainkan.

Game online dalam penelitian ini diciptakan secara khusus. Kelompok pertama memainkan game yang berkaitan dengan gambar-gambar makanan yang tidak sehat.

Loading...

Sedangkan kelompok yang lainnya memainkan game dengan berbagai gambar kecuali gambar yang berkaitan dengan makanan. Setiap sesi game tersebut memakan waktu sebanyak 10 menit.

Selama enam bulan penelitian, setiap orang dianalisis terkait dengan berat badan dan jumlah kalori makanan yang dikonsumsi. Hasilnya menunjukkan bahwa kelompok yang bermain game online yang berhubungan dengan makanan mengonsumsi kalori yang lebih rendah diikuti dengan penurunan berat badan hingga 0,7 kg.

Sang peneliti, Natalie Lawrence menyebutkan bahwa cara ini bisa menjadi salah satu teknik untuk menurunkan kebiasaan makan yang tidak sehat. Meskipun begitu, penelitian ini membutuhkan studi lanjutan dengan populasi yang lebih besar dan dalam jangka waktu yang lebih lama.