Brilio.net - Saat ini banyak pekerja kantoran yang lebih memilih untuk makan siang di meja kerja selama waktu makan siang. Terlalu sibuk sama kerjaan kantor, malas pergi ke luar, sampai berhemat jadi alasan yang paling umum. Kalau kamu memang melakukan kebiasaan ini, kamu nggak sendirian. Sebuah survei menyimpulkan bahwa 92% dari karyawan perusahaan lebih suka makan siang di meja. But this isn't healthy!

Makan siang yang sehat dan tepat tampaknya jadi hal yang akan menggerogoti waktu kamu. Oleh karena itu, kamu hanya ingin mengunyah sesuatu dan melanjutkan pekerjaan lagi. Secara bertahap, kamu akan sangat asyik dalam pekerjaan tapi lama kelamaan kamu bisa melupakaan waktu makan siang. Padahal kebiasaan makan yang sehat itu bisa meningkatkan kreativitas dan kesehatanmu, lho.

Well, kamu bisa menghemat waktu, bekerja secara bersamaan dengan makan siang atau mungkin bisa mengesankan bos kamu untuk menunjukkan bagaimana dedikasimu. Tapi kebiasaan makan siang di meja kerja punya alasan nggak sehat juga dan secara bertahap akan menurunkan produktivitas. Nggak percaya? Simak yuk, alasan kenapa nggak seharusnya kamu makan siang di meja kerja berikut ini yang sudah brilio.net rangkum dari Boldsky, Jumat (3/7).

1. Pikiran jadi kurang fresh dan kreatif

Begini alasan kenapa sebaiknya kamu nggak makan siang di meja kerja

Loading...

Ketika kamu pergi ke luar setidaknya selama istirahat makan siang, pikiran kamu akan jadi lebih segar. Penelitian menyatakan bahwa karyawan yang cenderung kerja seharian menatap layar komputer, produktivitasnya akan menurun. Padahal kalau kamu makan siang di luar, pikiran jadi lebih fresh. Dan, saat kembali ke kantor sudah pasti akan lebih kreatif lagi.

2. Lebih konsentrasi sama layar komputer

Begini alasan kenapa sebaiknya kamu nggak makan siang di meja kerja

Gangguan yang akan kamu alami ketika makan di meja kerja adalah nggak bisa makan dengan penuh kesadaran. Saat makan sambil bekerja, orang biasanya akan lebih konsentrasi pada pekerjaan atau layar komputer ketimbang makanan. Selain itu, makan di meja kerja juga bisa membuat kamu untuk makan lebih banyak atau makan lebih sedikit dari yang tubuh butuhkan.

Padahal, tubuh perlu berada dalam kondisi relaks saat makan agar organ bagian dalam dan pencernaan nggak stres. Itulah sebabnya kenapa banyak karyawan yang perutnya merasa kembung, sakit atau nggak nyaman setelah makan siang.

3. Pasti lebih memilih makanan tak sehat

Begini alasan kenapa sebaiknya kamu nggak makan siang di meja kerja

Kalau kamu malas keluar kantor untuk makan pasti juga malas memikirkan apakah makan siangmu sehat atau nggak. Betul kan? Apalagi kalau lagi sibuk, pilihan makanan cepat saji pun cenderung jadi pilihan pertama atau makanan ringan. Saratnya cuma "yang penting kenyang". Makan makanan yang tak sehat seperti ini akan menganggu sistem pencernaan kamu.

Makan di meja kantor juga bisa menyebabkan aliran darah dari sistem pencernaan menuju jantung dan otak terhambat sehingga memengaruhi kelancaran pencernaan.

4. Makan jadi lebih banyak

Begini alasan kenapa sebaiknya kamu nggak makan siang di meja kerja

Terkadang setelah kamu makan siang beberapa menit kemudian sudah mulai ingin makan kembali. Hal tersebut merupakan salah satu penyebab mengapa semakin banyak orang yang mengalami obesiatas di usia produktif. Dengan makan sambil sibuk kerja, kamu jadi nggak sadar seberapa banyak makanan yang sudah dikonsumsi. Akibatnya, hormon leptin sering terlambat memberikan sinyal ke otak bahwa sudah waktunya berhenti makan. Pada akhirnya, kondisi tersebut membuat kamu lebih banyak mengonsumsi kalori dari jumlah yang dibutuhkan.

5. Meja kerja jadi sarang kuman

Begini alasan kenapa sebaiknya kamu nggak makan siang di meja kerja

Percaya nggak, meja kerjamu di kantor itu penuh dengan kuman? Bahkan menurut sebuah penelitian dari Universitas Arizona mengklaim bahwa meja kerja menyimpan bakteri 400 kali lebih banyak ketimbang dudukan toilet. Hal ini wajar karena frekuensi karyawan membersihkan meja kerja mungkin bisa dihitung dengan jari. Ya nggak?

Nggak heran kalau keyboard, mouse dan meja kantor jadi sarang berkembang biak bakteri. Meskipun sudah rutin dibersihkan, meja kantor tetap berpotensi besar menyimpan kuman. Ketika makan di meja kantor, kamu nggak hanya menambah populasi kuman dan bakteri tapi juga membuat makanan mudah terpapar lingkungan kantor yang kotor secara tak kasat mata.

6. Mudah terkena godaan kantuk

Begini alasan kenapa sebaiknya kamu nggak makan siang di meja kerja

Bayangkan saja, kamu datang ke kantor dan duduk di meja kerja sejak pagi hingga sore tanpa banyak gerak.

Hal terbaik untuk dilakukan adalah bangunlah dari tempat duduk kamu dan pergilah keluar untuk makan siang. Berbicaralah dengan teman-teman kantor dan menghabiskan waktu beberapa saat sehingga pikiran dan tubuh kamu akan segar. Ini akan membantu kamu tetap terjaga dan waspada sama godaan ngantuk di siang hari.

7. Tubuh jadi malas bergerak

Begini alasan kenapa sebaiknya kamu nggak makan siang di meja kerja

Kamu akan merasa terkuras kalau kamu menghabiskan waktu bahkan saat makan siang hanya berada di lingkungan kerja. Tubuh yang jarang digerakkan akan lebih malas bergerak. Padahal kamu perlu energi yang cukup untuk mengelola tugas-tugas kantor, ya kan?

Nah, dengan mengambil waktu istirahat dengan tepat, kamu bisa mengisi ulang pikiran kembali. Lagipila dengan meninggalkan meja kerja sebentar saja nggak akan memperlambat pekerjaanmu kok. Malah mungkin bisa lebih cepat kalau tubuh sama wajah kamu udah fresh lagi.

BACA JUGA:

Buka jasa ketik manual, Tiny seperti melawan zaman

24 Tahun Tiny buka jasa ketik manual untuk bisa hadiahi anak rumah

Jasa pemberian nama bayi online, 2 nama 2 kali revisi Rp 100.000

15 Hal yang harus kamu lakukan ketika internet mati

5 Kesalahan ini pasti sering kamu lakukan ketika sedang stres

Cara jitu mengusir stres ketika di kantor