Brilio.net - Beberapa makanan bisa membantu kita untuk melawan suasana hati buruk bahkan depresi lho, guys. Dengan banyak pilihan sayur dan buah, pastikan kamu memilih asupan sayur dan buah yang sehat untuk tubuhmu, bukan hanya fisik tapi juga emosional.

Elizabeth Somer, seorang ahli diet dari Salem, Oregon, Amerika Serikat, menyatakan bahwa tubuh dan otak kita membutuhkan lebih dari 40 nutrisi dan satu juta fitonutrien, seperti dilansir brilio.net dari Everyday Health, Rabu (15/7).

"Jumlah dan keseimbangan nutrisi menentukan apakah kamu bahagia atau sedih, pintar atau pelupa, energik atau lesu, dan sehat atau sakit," imbuh penulis buku Food & Mood tersebut.

Nah, berikut ini lima makanan yang bisa meningkatkan suasana hatimu, guys.

1. Selada

Loading...

5 Makanan ini bantu kamu terhindar dari depresi

Menurus Rachel Begun, konsultan pangan dan gizi dari Boulder, Colorado, Amerika Serikat, selada merupakan makanan untuk mengatasi depresi. Dia mengandung folat dan vitamin B.

Perlu kamu tahu, orang depresi dikaitkan dengan kepemilikan folat yang rendah dalam tubuhnya. "Hubungan antara folat dan kondisi depresi mungkin karena peran folat dalam mengembangkan neurotransmitter, yaitu pembawa pesan molekul dalam sistem saraf," tambah Rachel.

2. Udang savor

5 Makanan ini bantu kamu terhindar dari depresi

Menurut Zelana Montminy, seorang psikolog dan spesialis gizi di Los Angeles, Amerika Serikat, udang mengandung omega-3 tetapi rendah merkuri yang bisa meningkatkan mood. Jadi, omega-3 akan meringankan gejala depresi. Sumber lain dari omega-3 antara lain salmon, sarden, mackerel, dan tuna. Kamu bisa mengolahnya dalam berbagai menu favorit, guys.

3. Semangka

5 Makanan ini bantu kamu terhindar dari depresi

"Semangka merupakan buah dengan sumber lycopene, yaitu antioksidan yang melindungi jaringan otak yang halus," tutur Elizabeth.

Ternyata, semangka mengandung lycopene lebih banyak daripada tomat, lho. Dengan begitu, semangka bisa membantu menurunkan risiko peradangan yang terkait dengan demensia dan kemungkinan depresi pula.

4. Jagung

5 Makanan ini bantu kamu terhindar dari depresi

Sayuran bertepung seperi jagung dianggap memiliki karbohidrat berkualitas tinggi. Jagung bisa membantu meningkatkan kadar serotonin sehingga bisa meningkatkan suasana hatimu. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara dibakar atau direbus. Bisa juga kamu campur dalam sayur, misalnya sayur asam, atau olahan lainnya.

5. Paprika oranye

5 Makanan ini bantu kamu terhindar dari depresi

Menurut Elizabeth, paprika oranye memiliki kandungan beta-karoten, yaitu antioksidan yang melindungi otak dari kerusakan. Selain itu dia juga mengandung vitamin C, potasium, zat besi, dan serat.

BACA JUGA:

Awas! 10 Bahan makanan ini nggak boleh kamu simpan di dalam lemari es

Sarapan buah bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi bikin kamu lebih sehat!

Duh, terobsesi dengan makanan sehat bisa bikin gejala gangguan makan!

Ini kandungan menu sarapan yang baik, sudahkah sarapanmu memenuhi?

Es batu yang kamu minum dari air mentah atau air matang?

Nama 6 menu ini boleh saja seram tapi kelezatannya bikin ketagihan

Masih pagi sudah loyo? Kamu mesti cobain minum kopi dicampur telur