Brilio.net - Peralatan yang terbuat dari aluminium adalah benda yang umum digunakan di banyak rumah. Biasanya aluminium banyak digunakan sebagai bahan pembuat alat-alat masak. Namun, tahukah kamu kalau peralatan masak yang terbuat dari aluminium sebenarnya sangat berbahaya bagi kesehatan?

Aluminium bisa terserap dan larut ke dalam makanan ketika proses memasak. Di dalam tubuh, aluminium pun ikut diserap dan masuk ke dalam aliran darah, dan terakumulasi dalam organ sehingga menyebabkan efek buruk pada kesehatan.

Salah satu alasan mengapa peralatan aluminium buruk bagi kesehatan adalah karena mereka mengandung partikel yang disebut ion. Ion ini berbahaya bagi otak dan terus-menerus menggunakan peralatan masak aluminium dapat menyebabkan penyakit Alzheimer.

Aluminium ini juga buruk bagi ginjal, terutama untuk pasien yang berada dalam pengobatan dialisis. Oleh karena itu, sebaiknya jangan menggunakan peralatan masak yang terbuat dari aluminium. Pilih peralatan dari stainless steel yang lebih aman.

Masih belum percaya? Berikut ini adalah beberapa bahaya peralatan masak aluminium bagi kesehatan seperti yang dilansir brilio.net dari Boldsky, Sabtu (11/7).

1. Sistem saraf

Efek buruk kesehatan dari pemakaian alat masak berbahan aluminium

Terlalu sering menggunakan peralatan masak dari aluminium dapat memengaruhi sistem saraf. Ini juga menjadi salah satu penyebab untuk Alzheimer. Hindari penyakit ini dengan memilih peralatan dari stainless steel biar lebih aman dan sehat.

2. Merusak memori

Efek buruk kesehatan dari pemakaian alat masak berbahan aluminium

Peralatan masak aluminium buruk bagi kesehatan karena memiliki efek yang cepat pada otak manusia. Terbiasa menggunakannya hanya akan menyebabkan penyakit otak dan gangguan memori. Menurut peneliti, saat memasak dengan peralatan aluminium, ion akan terekspose pada alat masak yang telah mengelupas dan tercampur dengan makanan. Ini lah yang akan membahayakan otak dan menyebabkan kamu kehilangan memori.

3. Kelesuan

Efek buruk kesehatan dari pemakaian alat masak berbahan aluminium

Jika kamu adalah pengguna peralatan masak aluminium, perhatikan jika kamu memiliki tanda-tanda penyakit yang tidak biasa seperti lelah dan lesu. Segera periksa kesehatan ke dokter untuk melakukan tes medis.

4. Osteoporosis
Aluminium mengurangi pertumbuhan tulang dan menyebabkan predisposisi kemudian pada akhirnya osteoporosis. Ini adalah salah satu dari banyak alasan mengapa wanita menderita kesehatan tulang pada usia yang lebih muda.

5. Merusak ginjal

Efek buruk kesehatan dari pemakaian alat masak berbahan aluminium

Bila kamu menggunakan alat masak aluminium selama periode waktu yang lama, bisa memengaruhi kondisi kesehatan usus besar, ginjal dan darah.

6. Kanker
Meskipun belum ada studi yang membuktikan bahwa aluminium memiliki dampak langsung menyebabkan kanker, banyak ahli yang meyakini bahwa aluminium mampu mengganggu keseimbangan usus besar sampai batas di mana usus menjadi rentan terhadap kanker.

BACA JUGA:

12 Kebiasaan harian yang ternyata bisa bahayakan kondisi mental kamu!

Sering nyeri punggung? Hati-hati, itu bisa karena kebiasaan merokokmu!

Awas! 10 Bahan makanan ini nggak boleh kamu simpan di dalam lemari es

VIDEO: Hal-hal yang terjadi pada jasadmu di dalam tanah usai meninggal

Begini penjelasan kenapa maghrib & tengah malam identik dengan mistis