Brilio.net - Bukan rahasia lagi bahwa kopi saat ini sudah menjadi bagian gaya hidup masyarakat Indonesia. Kalau dulunya penyajian kopi hanya sederhana, yaitu berupa seduhan bubuk kopi, penyajian kopi saat ini sudah mulai beragam. Kalau biasanya kamu mengonsumsi kopi tubruk atau kopi saring, kamu sepertinya perlu mencoba kenikmatan kopi bakar.

Untuk kamu yang mungkin penasaran seperti apa kopi bakar itu, mungkin kamu bisa mengunjungi salah satu kedai kopi di Yogyakarta yaitu Otentik Kopi yang memang menjadikan kopi bakar ke dalam salah satu menu andalannya. "Kopi bakar ini komposisinya adalah House Blend Coffee yang kemudian ditambahkan Green Bean yang memang dibakar," ujar Fajar sang pemilik kedai pada brilio.net, Selasa (11/8).

Kopi bakar, kopi yahud buat kamu yang bosan minum kopi 'biasa'

Sebelum diseduh, awalnya biji House Blend Coffee (terdiri dari campuran khusus beberapa jenis kopi) ini digiling dengan mesin grinder kopi. Sebelum digiling, biji kopi tersebut ditakar terlebih dahulu dalam timbangan agar rasa yang dihasilkan dapat maksimal. Setelah proses penggilingan barulah ditambahkan air panas yang suhunya juga sudah ditentukan, selain itu proses menuangnya pun tidak sembarangan melainkan harus perlahan.

Setelah proses seduhan selesai, Green Bean yang sudah ditakar dalam timbangan tadi mulai dibakar beberapa saat dan dicampurkan dalam seduhan kopi. Proses membakarnya juga memerlukan keahlian khusus agar rasa dan aroma kopi tetap terjaga.

Loading...

Kedai Otentik Kopi sendiri menyediakan dua jenis varian kopi bakar, ada kopi bakar original dan kopi bakar susu. Dan bila kamu suka menikmati kopi yang sedikit pahit dengan rasa pekat bisa mencoba varian original saja. Harganya sendiri untuk kopi bakar original dihargai Rp 10.000 dan kopi bakar susu seharga Rp 12.000.

Untuk kamu yang ingin mencoba bisa langsung mengunjungi Otentik Kopi yang beralamat di Jalan Ipda Tut Harsono no.8 Yogyakarta, Quantum Residence UMY, atau di halaman parkir Ruko Gatic Seturan. Untuk yang di luar Yogyakarta bisa disempatkan mampir ketika sedang berkunjung ke Jogja ya.