Brilio.net - Katanya minum kopi itu bikin hari kita menjadi cerah ceria. Nggak heran sih, ini karena dalam kopi terkandung kafein yang dapat membantu orang menularkan energi-energi positif. Bahkan menurut penelitian, minum kopi dua gelas setiap hari, bisa memberi energi positif dua kali lebih banyak untuk beraktivitas! Bener juga sih, kalau pikiran positif mah ngapa-ngapain juga lebih enak, kan?

Menurut penelitian Archives of Internal Medicine, orang yang minum kopi dua kali sehari ternyata bisa mengurangi risiko depresi sebesar 20 persen, lho! Nggak percaya?

Ini beberapa alasan kenapa minum kopi setiap hari bisa bikin kamu bahagia, seperti dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (8/4):

1. Mencium aroma kopi bisa mengurangi stres
Bau kopi itu menenangkan, setuju dong? Apalagi kalau kamu menggiling biji kopinya sendiri, aromanya tuh bikin tenang, nggak tajam dan menusuk hidung. Nggak cuma itu, kalau kita menuangkan air panas ke kopinya, wanginya bisa mensugestikan diri untuk lebih berpikir positif. Belum cukup? Coba deh kamu minum. Dari seruputan pertama yang masuk ke mulut saja sudah bikin kamu lupa sama keruwetan hidup. Pikiran rileks, stres hilang deh!

2. Kopi bikin akrab
Pernah baca Into The wild-nya Christoper McCandless? Di situ tertulis, "happiness only real when they're shared!" Kebahagiaan cuma 'nempel' sebentar kalau cuma dinikmati sendiri. Kalau ramai-ramai, akan lama terkenang.

Sama kayak kopi, ngopi sama teman itu precious. Obrolan yang singkat saja bahkan bisa bikin kamu jadi akrab sama orang lain, lho. Nggak heran, dari kopi bisa berlanjut ke mana saja, dari hal yang nggak penting sampai yang detil.

3. Kopi kaya manfaat
Nggak perlu penjelasan panjang lebar buat kasih tahu kopi itu punya manfaat yang baik untuk tubuh kamu. Bahkan antioksidan yang terkandung dalam kopi lebih mudah tersserap tubuh daripada yang terkandung dalam sayuran dan buah.

Riset yang dilakukan Seoul National University pun mengungkapkan kopi punya manfaat yang sangat besar dalam mengurangi stres. Lebih dari itu, kamu yang kadung suka minuman beralkohol, harus rajin ngopi juga nih. Karena kopi bisa menghasilkan autoimun yang mencegah kamu dari penyakit liver dan kanker. Wuih!

4. Kopi bikin segalanya jadi mungkin
Dari mulai penggilingan, menyeduhnya menjadi minuman, dan merasakan setiap seruputan kopi, artinya kamu mengerti proses yang terjadi. dengan mengerti proses, kamu menjadi lebih bijaksana dalam mengambil keputusan. Percaya deh, langkah awal itu menentukan langkah selanjutnya. Salah di awal, ya bisa bubar semuanya. Membuat kopi bikin kamu belajar untuk menghargai arti dari sebuah proses.

Jadi, jangan lupa untuk bahagia hari ini, ya? Minum kopi dulu deh. Kesehatanmu lho.