Brilio.net - Memang susah bukan untuk mengurangi konsumsi gula dalam keseharian kita? Apalagi persoalan minum teh dan kopi. Kita selalu mencampurkan hal yang manis seperti gula agar rasanya semakin mantap. Benda yang manis ini ternyata bukan hanya menghilangkan rasa pahit pada kedua minuman ini, akan tetapi lebih dari itu.

Dikutip brilio.net dari Telegraph, Jumat (6/8), sebuah penelitian mengungkapkan bahwa gula ternyata mampu mengubah susunan kimia pada minuman berkafein menjadi lebih enak ketika bercampur. Dalam risetnya tersebut, sang ahli mengamati reaksi molekul antara kafein, gula, dan air ketika dicampurkan.

Sang peneliti, Seishi Shimizu, menjelaskan bahwa ketika gula ditambahkan pada kedua campuran tersebut, molekul kafein mengumpul dan daerah permukaannya berkurang. Proses inilah yang membuat kopi atau teh menjadi nikmat. Jadi, gula dalam secangkir kopi ternyata tidak hanya berfungsi menghilangkan rasa pahitnya saja.

Ahli dari York University juga menambahkan bahwa temuan semacam ini merupakan riset yang kompleks pada bidang makanan dan minuman. Dia juga berpendapat bahwa fisika merupakan prinsip utama untuk memahami penelitiannya.