×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Nggak cuma manusia, tanaman juga doyan 'ngopi'

View Image

0

BRILIO » Life

Nggak cuma manusia, tanaman juga doyan 'ngopi'

Kadar asam yang terkandung dalam kopi ternyata sangat bermanfaat bagi tanaman. Nggak cuma itu, bubuk kopi sisa minum bisa menumbuhkan jamur.

08 / 04 / 2015

Brilio.net - Kopi sudah sejak dulu diyakini memiliki manfaat yang sangat banyak bagi tubuh manusia. Tapi ternyata nggak cuma manusia lho, yang suka mengonsumsi kopi, tanaman juga 'doyan' sama kopi. Nah lho?!

Bukan berarti si tanaman ini bakalan kongkow-kongkow di coffee shop ala anak muda masa kini, ya, tapi kopi dijadikan sebagai pupuk supaya tanaman bisa tumbuh subur. Wuih!

Menurut penelitian, seperti dilansir dari globalhealthcenter.com, Rabu (8/4), biji kopi itu kaya akan kalsium, magnesium, tembaga, karbohidrat, gula dan beberapa macam vitamin lainnya. Kadar asam yang terkandung dalam kopi ternyata sangat bermanfaat bagi tanaman. Nggak cuma itu, bubuk kopi sisa minum ternyata bisa menumbuhkan jamur, lho!

Biji kopi juga mengandung nitrogen, potasium, dan fosfor yang merupakan bahan utama pembuatan pupuk. Nitrogen berfungsi untuk mengubah cahaya matahari menjadi energi, fosfor membantu energi masuk ke tanaman melalui akar dan sel, potasium pun memiliki fungsi untuk menjaga kelembaban tanaman dengan melakukan fotosintesis.

Gimana cara menggunakannya? Sebenarnya sama saja kayak kamu memberi pupuk pada tanaman. Kamu bisa tinggal menaburnya di tanah, trus diaduk biar tercampur. Sudah, gitu doang. Trus tinggal masukin bibit tanamannya deh.

Loading...

Tapi yang mesti diingat, jangan sekali-sekali menggunakan biji kopi yang belum diolah sebagai pupuk ya? Ini karena asam yang terkandung dalam biji kopi mentah berbeda dengan yang sudah diolah dan dimasak. Bukannya subur, tanaman justru akan mati.

Dan bukan berarti pupuk baik untuk tanaman, kamu bisa menerapkannya kepada semua tanaman. Ada juga tanaman yang nggak doyan kopi juga, seperti lidah buaya, lobak, lavender, paprika, dan selada air.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    67%

  • Ngakak!

    33%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more