Musik itu bisa dibilang best part of people's life. Ya nggak salah juga sih, setiap saat, dalam suasana apapun, kondisi yang seperti apapun, kita pasti sering mendengarkan lagu. Lagi senang, dengarin lagu. Lagi bimbang, dengerin lagu juga. Lagi galau, sedih-sedihan? Emang deh, dengerin lagu itu terbukti bikin hati yang tadinya nggak asyik, bisa jadi adem lagi dan terbukti, semangat bisa kembali berkobar-kobar.

Tapi yang nggak kalah penting adalah bagaimana cara kamu mendengarkan musik. Dengerin dengan speaker sehingga bisa didengarkan bersama dengan orang lain, atau mendengarkannya melalui headset yang dipasang di kuping. Semuanya sih sah-sah aja sih, cuman mesti hati-hati juga nih. Menurut World Health Organization (WHO), badan organisasi kesehatan milik PBB ini, terdapat 1,1 milyar remaja dan pemuda yang mengalami risiko kerusakan pendengaran permanen yang disebabkan karena terlalu sering mendengarkan musik menggunakan headphone. Wah!

Bahkan seperti dikutip brilio.net dari DJMag, Selasa (21/7), ada lebih dari 43 juta orang dengan rentang usia antara 12 sampai 35 tahun yang hidup dengan gangguan pendengaran akibat kebiasaan mendengarkan musik dengan cara ini. Kenapa bisa begitu ya?

Hal ini disebabkan karena suara yang dihasilkan tentu akan langsung masuk ke kuping kita, ya kan? Nah, suara yang terlalu kencang itu bisa saja menyebabkan telingamu seperti berdenyut-denyut bahkan terdengar suara seperti 'berdering-dering'. Kamu pernah mengalaminya? Kalau iya, itu berarti kamu terkena Tinnitus. Tinnitius sendiri adalah gangguan pendengaran yang disebabkan karena suara yang terlalu bising. Nah, kalau sudah begini, lama kelamaan kamu bisa mengalami kerusakan pendengaran yang permanen. Hiii, kok seram ya?

Mendengarkan musik menggunakan headphone memang menyenangkan. Kamu bisa mendengarkan musik kesukaanmu tanpa perlu mengganggu orang lain di sekitarmu yang mungkin saja memiliki selera musik yang berbeda. Tapi jangan lupa untuk memperhitungkan kesehatan telingamu juga ya? Jangan mendengarkan musik dengan volume yang terlalu kencang dalam waktu yang lama. Sebab menurut penelitian WHO, mendengarkan musik dengan level volume yang rendah serta dilakukan hanya satu jam setiap harinya merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan alat pendengaranmu. Yuk, diterapkan!

BACA JUGA:

Yuk hidup sehat, mulai batasi konsumsi garam biar nggak hipertensi

Ladies, kurang vitamin D ternyata bisa bikin kamu mudah depresi lho

Duh, terobsesi dengan makanan sehat bisa bikin gejala gangguan makan!

Sarapan buah bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi bikin kamu lebih sehat!

Ini kandungan menu sarapan yang baik, sudahkah sarapanmu memenuhi?

Kandungan tersembunyi dari tanaman gunung ini bisa jadi pengganti gula

Cokelat bisa bikin berat badanmu jadi turun, ayo coba gaya diet ini

Ini cara mengurangi jumlah kalori ketika memasak nasi

Anak yang sering makan fast food tingkat kecerdasannya lebih rendah

Memakan nasi sisa hari kemarin ternyata berkhasiat untuk diet

Sukses diet, gadis ini justru ingin gemuk lagi gara-gara kena penyakit

Jangan tiru diet ala artis ini, meski Madonna & Mariah Carey melakukan

Lagi diet? Coba 5 makanan ini, dijamin bikin kamu nggak cepat lapar