×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Kandungan tersembunyi dari tanaman gunung ini bisa jadi pengganti gula

View Image

0

BRILIO » News

Kandungan tersembunyi dari tanaman gunung ini bisa jadi pengganti gula

Tak heran jika di luar begeri sedang dikembangkan untuk obat diabetes.

24 / 05 / 2015

Brilio.net - Penemuan baru tentang khasiat tanaman dilakukan oleh empat mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Mereka adalah Raisha Selviastuti, Umi Ardiningsih, Ditya Apillia Ningtyas, dan Meiza Hayyu Putri. Empat mahasiswa Undip itu menemukan fakta bahwa terdapat tanaman yang membuat mulut manis selama 10 menit. Tanaman itu ditemukan di Gunung Merbabu.

Buah yang mereka teliti adalah Curculigo latifolia Dryand atau dalam bahasa Indonesianya disebut tanaman lumbuh. Ada juga yang menyebutnya bedur (Jawa), congkok (Sunda), ataupun nyeyor-nyeyoran (Madura). Berdasarkan penelitian mereka, buah dari tanaman lumbuh jika dimakan bisa menimbulkan rasa manis pada lidah, apapun yang dimakan dari tanaman ini bisa berasa manis. "Di buah itu ternyata mengandung protein curculin yang memang manis banget, khasiatnya juga sudah teruji di luar negeri," terang Raisha kepada brilio.net, Jumat (22/5).

Menurut Raisha, jurnal luar negeri telah menyatakan bahwa buah tersebut tak mengandung zat berbahaya. Protein curculin yang terkandung pada buah itu bahkan bisa menjadi pengganti gula terbaik. Maka tak heran jika di luar begeri sedang dikembangkan untuk obat diabetes.

Kandungan protein curculin itulah yang meninggalkan rasa manis pada mulut jika memakan buah tersebut. Menurut Raisha, saat dimakan pertama kali, buah itu memang berasa asam, tapi beberapa detik kemudian rasa manis muncul pada lidah dan bisa bertahan hingga 10 menit. "Saat coba pertama kali, saya minum air putih rasanya manis, terus saat tumbuhan yang pahit dimasukkan ke mulut rasanya juga manis," kata Raisha yang merupakan mahasiswa Kesehatan Masyarakat ini.

Selain mengandung curculin yang menyebabkan lidah manis, buah Lumbuh juga mengandung 86% air sehingga sangat cocok bagi para pendaki gunung yang sering mengalami dehidrasi.

Loading...







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more