×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Jangan takut sinar matahari, ini 5 manfaatnya buat kulit kamu

View Image

0

BRILIO » Life

Jangan takut sinar matahari, ini 5 manfaatnya buat kulit kamu

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa paparan sinar matahari sebenarnya memberikan begitu banyak manfaat.

22 / 07 / 2015

Brilio.net - Cahaya matahari memang sering dihindari karena dianggap bisa membuat kulit menjadi hitam, panas dan bisa membuat tubuh menjadi sakit atau kelelahan. Belum lagi kalau kamu sering mendengar pemberitaan mengenai dampak buruk sinar matahari sehingga banyak orang memilih untuk nggak berlama-lama di bawah paparan cahaya matahari. Beberapa ahli mengatakan bahwa cahaya matahari bisa menimbulkan potensi terkena kanker kulit. Hal ini disebabkan karena cahaya matahari mengandung sinar UV yang bisa merusak sel-sel kulit. Tapi apakah ini semua benar? Kalau kamu sendiri gimana, merasa takut atau nggak nyaman kah dengan cahaya matahari?

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa paparan sinar matahari sebenarnya memberikan begitu banyak manfaat. Kamu juga pasti sudah pernah mendengar atau membaca kalau sinar matahari adalah sumber vitamin D dan bisa mencegah berbagai masalah kulit dan meremajakan sel-sel kulit kamu.

Jadi, nggak ada keraguan bahwa sinar matahari memiliki kapasitas untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Apalagi jika kamu suka menikmati sinar dari matahari yang terbit, terbukti nggak hanya memberikan kamu ketenangan pikiran tetapi juga bisa membuatmu jadi lebih sehat dan bahagia.

Nah, seperti dilansir brilio.net dari Boldsky, Rabu (22/7), berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari sinar matahari.

1. Sumber vitamin D

Loading...

Jangan takut sinar matahari, ini 5 manfaatnya buat kulit kamu

Nggak suka memijat tubuh kamu dengan minyak ikan cod? Tak perlu khawatir, kamu bisa mendapatkan vitamin D cukup dengan menghabiskan waktu di bawah sinar matahari pada waktu tertentu. Sinar matahari merangsang tubuh memproduksi vitamin D. Paparan sinar matahari pada wajah, leher, lengan, dan kaki selama 10-15 menit dapat menghasilkan 1.000 unit internasional (IU) sampai 3.000 IU, tergantung pada jenis kulit dan kebutuhan vitamin D yang diperlukan oleh tubuh masing-masing dalam satu hari.

Vitamin D berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium di dalam usus dan mentransfer kalsium melintasi membran sel, sehingga dapat menguatkan tulang. Vitamin D juga dapat memberikan perlindungan terhadap jenis kanker (seperti kanker paru-paru, prostat, dan kulit), osteoporosis, rakhitis, dan diabetes. Selain itu, vitamin D dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah sehingga membantu melawan penyakit jantung.

2. Mengobati berbagai jenis penyakit kulit

Jangan takut sinar matahari, ini 5 manfaatnya buat kulit kamu

Sinar matahari mampu menyembuhkan segala jenis infeksi jamur dan bakteri pada kulit. Selain itu, penyakit kulit seperti eksim, psoriasis dan sebagainya dapat diatasi hanya dengan berjemur. Terpapar sinar matahari juga dapat menurunkan manifestasi dari tanda peregangan, bekas luka, dan ketidaksempurnaan kulit lainnya.

3. Merangsang produksi hormon serotonin

Jangan takut sinar matahari, ini 5 manfaatnya buat kulit kamu

Selain merangsang tubuh untuk membuat vitamin D, sinar matahari juga dapat merangsang produksi hormon serotonin, sebuah neurotransmitter di otak yang mengatur suasana hati.

Kalau kamu nggak memiliki waktu yang cukup untuk istirahat, kulit akan lebih cepat mengalami tanda-tanda penuaan, jerawat, flek dan masih banyak lagi. Dengan meningkatkan tingkat serotonin dapat menghasilkan suasana hati yang lebih positif, mengatur waktu tidur, memperbaiki nafsu makan dan cara berpikir yang tenang dengan mental yang fokus.

4. Meningkatkan oksigen dalam darah

Jangan takut sinar matahari, ini 5 manfaatnya buat kulit kamu

Manfaat lain dari sinar matahari dapat meningkatkan kemampuan tubuh kamu untuk mengirim oksigen ke jaringan sehingga kamu mendapatkan cukup stamina untuk menjadi energik. Selain itu, kulit kamu juga akan mengalami peremajaan dengan proses ini.

5. Membuat kulit tampak bersinar

Jangan takut sinar matahari, ini 5 manfaatnya buat kulit kamu

Bagaimana caranya? Ya, sinar matahari memiliki kapasitas untuk membersihkan pembuluh darah dan darah dalam tubuh manusia. Hal ini juga meningkatkan sirkulasi darah dengan melebarkan pembuluh darah di kulit. Dengan begitu, nutrisi dan oksigen lebih banyak dibawa menuju sel-sel ketika pembuluh darah kapiler terbuka sehingga kesehatan pun menjadi lebih baik. Selain itu, jantung pun menjadi lebih sehat dengan menurunkan denyut nadi ketika beristirahat dan mengurangi tekanan darah. Jika seluruh tubuh mendapatkan sirkulasi darah yang cukup, kulit kamu nggak akan terlihat kusam dan pucat dan cahaya alami kulitmu akan tetap terpancar.

Meskipun sinar matahari memiliki berbagai macam manfaat bagi tubuh, para ahli mengingatkan bahwa paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan mata, melanoma, dan kanker kulit. Jadi pastikan kamu memilih waktu yang tepat untuk mendapatkan paparan sinar matahari serta melindungi kulit dengan mengenakan topi, pakaian yang tepat, atau menggunakan sun screen.

BACA JUGA:

Yuk hidup sehat, mulai batasi konsumsi garam biar nggak hipertensi

Ladies, kurang vitamin D ternyata bisa bikin kamu mudah depresi lho

Duh, terobsesi dengan makanan sehat bisa bikin gejala gangguan makan!

Sarapan buah bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi bikin kamu lebih sehat!

Ini kandungan menu sarapan yang baik, sudahkah sarapanmu memenuhi?

Kandungan tersembunyi dari tanaman gunung ini bisa jadi pengganti gula

Cokelat bisa bikin berat badanmu jadi turun, ayo coba gaya diet ini

Ini cara mengurangi jumlah kalori ketika memasak nasi

Anak yang sering makan fast food tingkat kecerdasannya lebih rendah

Memakan nasi sisa hari kemarin ternyata berkhasiat untuk diet

Sukses diet, gadis ini justru ingin gemuk lagi gara-gara kena penyakit

Jangan tiru diet ala artis ini, meski Madonna & Mariah Carey melakukan

Lagi diet? Coba 5 makanan ini, dijamin bikin kamu nggak cepat lapar





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more