Brilio.net - Janjian dengan orang yang tidak tepat waktu memang menjengkelkan, apalagi saat kamu sedang mempunyai banyak urusan dengan orang lain. Akan tetapi kamu jangan terburu-buru menyimpulkan bahwa orang seperti ini memang malas atau tidak bisa mengatur waktu dengan baik. Hal ini terjadi karena perbedaan kepribadian saja.

Ahli psikologi dari San Diego State University, Jeff Conte, menemukan bahwa perbedaan kepribadian bisa mempengaruhi seseorang dalam mempersepsikan waktu, sebagaimana dikutip brilio.net dari Big Think, Jumat (31/7). Jadi kamu harus paham betul dengan kepribadian orang-orang yang mengajak ketemuan atau rapat tapi tiba-tiba ngaret datang.

Dalam penelitiannya pada tahun 2003 silam, Jeff menyebutkan bahwa orang yang sering bekerja secara multitasking sering kali terlambat dalam pekerjaan mereka. Studi ini dilakukan terhadap 181 operator kereta api bawah tanah di New York. Hal ini terjadi karena mereka tidak sadar dengan apa yang sedang dikerjakan.

Dua tahun sebelumnya, Jeff melakukan studi yang berbeda dengan menggolongkan orang ke dalam kelompok dua kepribadian. Pertama adalah Tipe A, individu yang berorientasi dengan prestasi, tangkas, dan suka berdebat. Sedangkan kelompok yang kedua atau Tipe B adalah mereka yang lebih santai dan cenderung suka terlambat.

Dari tiga percobaan yang dilakukan, hasilnya menunjukkan bahwa kelompok Tipe A menilai bahwa waktu 1 menit setara dengan 58 detik. Sedangkan Tipe B menganggap bahwa 1 menit sama dengan 77 detik. Perbedaan estimasi waktu itulah yang membuat beberapa orang selalu datang terlambat.

Loading...

Kalau kamu tipe yang mana?