Brilio.net - Apakah kamu merasa lebih bisa memahami sesuatu dengan membaca dari pada mendengar? Ataukah kamu merasa kalau lebih mudah mengingat sesuatu dari mendengar daripada membaca? Atau bahkan kamu tipikal orang yang akan mondar-mandir jika menghafalkan sesuatu? Jika kamu mengiyakan satu di antara pertanyaan tersebut, berarti harus kamu sadari kalau kamu punya kecenderungan gaya belajar.

Gaya belajar adalah kunci untuk mengembangkan kinerja dalam pekerjaan maupun dalam belajar di sekolah. Ketika kamu bisa menyadari bagaimana kamu bisa menyerap dan mengolah informasi, maka kamu akan bisa menjadikan proses belajar dan berkomunikasi lebih mudah dengan gayamu sendiri.

Dikutip brilio.net dari buku Quantum Learning karangan Bobbi De Porter dan Mike Hernacki, Selasa (28/7), Rita Dunn seorang pelopor di bidang gaya belajar telah menemukan banyak variabel yang mempengaruhi cara belajar orang. Faktor tersebut bisa mencakup faktor fisik, emosional, sosiologis, dan lingkungan.

Ada orang yang lebih nyaman belajar secara menyendiri, ada juga yang butuh teman sehingga lebih cocok belajar dengan berkelompok. Sebagian orang ada yang lebih santai belajar dengan berlatarbelakang musik, tapi ada juga orang yang tak dapat berkonsentrasi kecuali di ruangan yang sepi. Ada juga orang yang memerlukan lingkungan kerja rapi dan teratur, tapi ada pula yang lebih suka menggelar segala sesuatunya supaya semua dapat terlihat.

Salah satu di antara langkah pertama dalam mengenali gaya belajar adalah mengenali modalitas seseorang, apakah visual, auditorial, ataukah konestetik. Seperti yang bisa diketahui dari namanya, orang visual belajar melalui apa yang mereka lihat, pelajar auditorial belajar melakukannya melalui apa yang mereka dengar, dan pelajar kinestetik belajar lewat gerak dan sentuhan.

Loading...

Walaupun setiap orang bisa belajar dengan ketiga modalitas tersebut, kebanyakan orang lebih cenderung pada salah satu di antara ketiganya. Nah, mumpung saat ini baru mulai pembelajaran baru di sekolah maupun di kampus, coba deh deteksi kecenderunganmu.

Kira-kira kamu termasuk tipikal orang yang bergaya belajar apa?