Brilio.net - Kata orang, positive thinking itu perlu. Dengan memiliki pikiran yang positif, tentu kamu jadi lebih semangat untuk menjalani hari-harimu. Ya sih, manusia itu memang nggak sempurna, pasti pernah dong melakukan kesalahan, ya kan? Kadang juga ketika terserang rasa takut, kita jadi berpikiran yang negatif, bahkan kita bisa jadi kalang kabut dibuatnya. Wajar sih, tapi gimana jadinya kalau lebih banyak mikir negatifnya ketimbang berpikiran positif? Ah, itu sih karena kamu kurang piknik tuh! Eh, maksudnya?

Mulai sekarang jangan anggap sepele lagi mengenai piknik ya? Selain dapat menyegarkan kembali pikiran yang jenuh akibat stres, studi terbaru yang dilakukan oleh Gregory Bratman, seorang mahasiswa program doktoral dari Stanford University mengatakan bahwa orang yang kurang piknik ternyata berisiko lebih besar untuk memiliki pikiran-pikiran negatif sepanjang hidupnya. Bahkan saking seringnya mikir jelek melulu, mereka jadi nggak melihat sisi positif dalam diri mereka. Akibatnya apa? Mereka jadi nggak bisa berkembang ke arah yang lebih baik deh. Duh, miris ya?

Dikutip brilio.net dari Livescience, Jumat (10/7), Bratman sendiri melakukan penelitian ini dengan meminta sejumlah responden untuk mengambil waktu piknik dengan berjalan-jalan santai ke alam bebas. Ada yang ke gunung, ada yang ke hutan, ada yang cuma jalan-jalan menghirup udara segar di taman dekat rumahnya. Tapi ada juga responden yang diminta untuk berjalan di jalanan yang bisa dibilang daerah yang cukup sibuk di sekitar Pallo Alto. Setelah itu, responden pun lalu diminta untuk mengisi kuesioner untuk mengetahui hal-hal apa saja yang mereka dapatkan dan rasakan setelah perjalanan piknik mereka itu. Lalu apa hasilnya?

Dari penelitian di dapat hasil bahwa mereka yang menghabiskan waktu pikniknya di alam bebas ternyata memiliki pikiran negatif yang lebih rendah ketimbang mereka yang menghabiskan waktu pada suasana yang sibuk. Bahkan mereka yang terlalu sibuk berkutat dengan pekerjaan mereka tanpa meluangkan sedikit waktunya untuk berlibur dalam perkembangannya bahkan mengalami penurunan aktivitas otak yang bisa menjadi pemicu berbagai penyakit mental.

Hiii, serem ya? Berarti ngerti dong, kenapa banyak orang yang suka mengumpat ketika berada di jalanan? Yuk, piknik yuk!

BACA JUGA TIPS BUAT KESEHATAN KAMU LAINNYA:

5 Manfaat kesehatan dari minum air putih selepas bangun pagi

Pedoman minum kopi yang sebaiknya kamu tiru, demi kesehatan kamu

Punya tubuh kurus pasti selalu dianggap sehat, kamu yakin?

7 Manfaat dahsyat buah kurma untuk kesehatan kamu

Sarapan buah bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi bikin kamu lebih sehat!

Pengen kulit kamu selalu sehat? Makan buah-buahan kaya vitamin C ya!

Rajin olahraga nggak cuma menyehatkan, tapi bisa bikin kamu jenius!

(brl/gib)