×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini asal bau laut yang bikin banyak orang suka datang ke pantai

View Image

0

BRILIO » Life

Ini asal bau laut yang bikin banyak orang suka datang ke pantai

Pernah nggak sih kamu bertanya-tanya kenapa ya orang-orang suka pergi ke pantai?

03 / 07 / 2015

Brilio.net - Orang yang datang menghabiskan waktu liburnya di Indonesia pasti punya satu komentar yang kompak: Indonesia itu eksotis! Ya gimana nggak eksotis, hampir sebagian besar wilayah Indonesia terdiri dari perairan.

Itulah yang membuat hampir semua wilayah di Indonesia mempunyai banyak tempat wisata pantai. Dari mulai Pantai Wedi Ombo di Gunung Kidul Yogyakarta yang terkenal dengan laguna air lautnya, atau Pantai Ora di Maluku yang punya pemandangan yang bikin geleng-geleng kepala saking indahnya.

Tapi pernah nggak sih kamu bertanya-tanya kenapa ya orang-orang suka pergi ke pantai? Katanya sih karena bau laut yang bikin pengin balik lagi, lagi dan lagi. Bau laut? Dari mana asalnya? Bagaimana bisa muncul bau yang khas?

Menurut seorang ilmuwan dari Institut Weizmann, Israel, Dr Uria Alcolombri, seperti dikutip brilio.net dari dailymail, Jumat (3/7), pantai dan laut memiliki bau yang khas itu berasal dari alga yang banyak ditemukan hidup di permukaan air laut.

Alga adalah organisme sederhana yang wujudnya mirip seperti tumbuhan yang habitatnya berada di perairan. Nah, alga yang biasa ditemui di wilayah perairan laut itu, menurut penelitian tersebut ternyata mengeluarkan semacam senyawa unik bernama Dimetil sulfida (DMS). Nah senyawa DMS inilah yang dipercaya membuat bau laut memiliki aroma yang khas.

Loading...

Dari sekian banyak alga yang hidup di laut, salah satu yang paling banyak mengeluarkan senyawa DMS adalah alga yang bernama Emiliania huxleyi yang baunya bisa tercium sangat kuat bahkan dengan jumlah yang sangat besar, yaitu sampai berkilo-kilo jauhnya.

Asal kamu tahu, alga ini bahkan bisa menghasilkan senyawa DMS dalam jumlah yang besar setiap tahunnya, yaitu sebesar 10 ton. Wow!

Dimetil Sulfida sendiri diketahui merupakan senyawa yang berfungsi untuk memandu berbagai macam binatang laut untuk datang ke perairan dengan jumlah makanan yang melimpah, serta menemukan letak laut disaat di mana mungkin saja mereka tersesat bahkan sampai ke daratan.

Menurut Andrew Johnson, ahli genetika dari University of East Angelia, selain menghasilkan aroma khas, senyawa ini jugalah yang membantu pembentukan awan yang fungsinya untuk meningkatkan tingkah curah hujan. Wow, keren ya? Kamu sudah ke pantai hari ini?







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    50%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more